Survei Konsumen BI Juni 2020: Indeks Keyakinan Konsumen Membaik

Survei Konsumen BI Juni 2020: Indeks Keyakinan Konsumen Membaik

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) Juni 2020 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi membaik, meski masih dalam level kurang dari 100. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 83,8 pada Juni 2020, meningkat dari 77,8 pada Mei 2020. Naiknya IKK Juni 2020 ini ditopang oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada enam bulan mendatang.

Survei Bank Indonesia ini memaparkan Indeks Keyakinan konsumen terpantau membaik secara keseluruhan, baik pada tingkat pengeluaran maupun kelompok usia. Pada kelompok tingkat pengeluaran, tertinggi ada pada konsumen dengan pengeluaran di atas Rp5 juta per bulan.

Baca juga : Harga Properti Residensial Triwulan I 2020 Melambat

Di sisi usia, IKK juga mengalami kenaikan di seluruh lapisan usia. Tertinggi pada kelompok usia berusia di atas 60 tahun. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 14 kota survei, dengan perbaikan tertinggi di kota Mataram, diikuti Jakarta dan Samarinda.

Namun jika dilihat dari Indeks Kondisi Ekonomi saat ini, persepsi konsumen masih berada pada zona pesimis dan melemah dari bulan sebelumnya. Hal itu disebabkan adanya dampak pandemi Covid-19 yang memberi pengaruh besar terhadap kondisi ekonomi nasional.


Keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama juga mengalami penurunan, terutama untuk barang seperti elektronik, furnitur, dan perabot rumah tangga. Penurunan indeks ini terjadi hampir di seluruh tingkat pengeluaran, terutama pada konsumen dengan pengeluaran Rp3,1 juta sampai Rp4 juta per bulan.

Optimisme konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja juga menurun. Hal ini didorong banyaknya tenaga kerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan oleh perusahaan sebagai dampak pandemi Covid-19. Berdasarkan data Kementerin Ketenagakerjaan, per 27 Mei 2020, ada sekitar 1,75 juta orang yang terkena PHK.

Baca juga : BI 7-Day Reverse Repo Rate Kembali Turun Menjadi 4,25 persen

Namun, Survei Konsumen Bank Indonesia ini juga menunjukkan konsumen masih optimis terhadap perkiraan kondisi ekonomi enam bulan ke depan. Itu tercermin dari Indeks Ekspektasi Ekonomi yang meningkat dari 104,9 pada Mei 2020 menjadi 121,8 pada Juni 2020. Kondisi perekonomian pada enam bulan ke depan diperkirakan akan mulai pulih seiring meredanya pandemi Covid-19.

Ekspektasi terhadap perkembangan usaha juga tercatat meningkat dari bulan sebelumnya. Hal itu terindikasi dari kenaikan Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha pada seluruh kategori pengeluaran. Begitu pula dengan ekspektasi kosumen terhadap kenaikan penghasilan pada enam bulan ke depan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 6, 2020, 1:09 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.