Bukan Brompton, Ini Sepeda Sultan Seharga Rp271 Juta

Bukan Brompton, Ini Sepeda Sultan Seharga Rp271 Juta

Tren bersepeda kini memang tengah naik daun. Di mana-mana semua orang merasa bangga menggowes sepeda. Merek dan jenis sepedanya pun beragam mulai dari sepeda gunung (mountain bike, sepeda lipat (folding bike), atau sepeda balap (road bike). Apalagi kalau bicara harga, bisa buat mata Anda melotot karena ada sepeda yang harganya hingga puluhan juta rupiah seperti sepeda lipat Brompton.

Untuk para “sultan” mungkin harga sepeda puluhan juta rupiah tidak ada apa-apanya. Bahkan mungkin, kalau bisa mereka bisa membeli sepeda dengan harga yang jauh lebih mahal. Soalnya, sepeda saat ini bukan hanya untuk mencari sehat, tetapi juga untuk sarana unjuk kemapanan.

Baca juga : Fakta Sepeda Brompton, Fashion Bike dengan Harga Selangit

Nah, untuk para sultan yang ingin punya sepeda berbeda dengan yang sudah banyak beredar, ini ada satu merek sepeda yang bisa dibeli. Harga sepedanya saja sekitar US$18.600 atau Rp271 juta per unitnya. Sepeda ini mahal karena hanya diproduksi 12 unit di seluruh dunia.

Penasaran? Ya, ini adalah sepeda keluaran produsen mobil sport asal Italia, Ferrari. Sepeda Ferrari SF01 ini merupakan hasil kerja sama Ferrari dengan Bianchi, sebuah merek sepeda ikonik asal Italia. SF01 dibuat spesial karena benda ini dibuat untuk merayakan 120 tahun kelahiran Enzo Ferrari pada Februari 2020.


Bukan karena merek Ferrari dan jumlah yang dibuat terbatas saja, uang membuat sepeda ini menjadi mahal. Secara spesifikasi, SF01 terbuat dari material yang sangat berkualitas. Secara bobot, SF01 ini punya bobot sangat ringan, beratnya kurang dari 1 kg atau tepatnya 780 gram. Sepeda ini juga dilengkapi dengan sistem Bianchi CV.

Bobot yang ringan ini karena Ferrari menggunakan material karbon Countervail®. Bahan ini diklaim bisa menghilangkan 80 persen getaran. Untuk kenyamanan, Ferrari menggunakan sadel merek Astute yang terbuat dari serat karbon seberat 98 gram.

Baca juga : Tergoda Beli Sepeda, Ini 5 Tips Memilih Sepeda untuk Pemula

Di sisi groupset, Ferrari SF01 menggunakan Campagnolo Super Records EPS (50/34). Pada bagian roda, sepeda ini menyematkan pelek carbon lansiran Fulcrum Speed 40C, yang dibalut ban Pirelli P Zero seperti ban yang pernah dipakai dalam tim Formula 1 Scuderria Ferrari.

Lantaran, dibuat edisi terbatas tentunya akan ada nomor produksi pada bagian samping rangka sepeda dari 1 hingga 12. Menariknya, sepada Ferrari SF01 memiliki corak yang unik, corak kuning yang dilukis oleh Giallo Modena sebagai penghormatan pada Enzo Ferrari.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
July 6, 2020, 9:46 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.