Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian?

Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian?

Menggadaikan barang bisa menjadi solusi paling cepat untuk bisa mendapatkan uang tunai. Salah satu tujuan paling banyak untuk mendapatkan uang tunai secara gadai yaitu lewat Pegadaian. Pegadaian adalah Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang yang yang bergerak pada tiga lini bisnis perusahaan yaitu pembiayaan, emas dan aneka jasa.

Namun, bagi Anda membutuhkan uang dan ingin menggadaikan, ternyata tidak semua barang bisa digadaikan di Pegadaian. Lantas apa saja barang yang bisa di Pegadaian? Berikut ini lima barang beserta pembahasan ringkasnya.

1. Emas

Emas menjadi salah satu barang yang paling banyak digadaikan. Pasalnya, emas adalah komoditas berharga yang bersifat universal. Jenis-jenis emas yang bisa digadaikan antara lain, yaitu koin emas, emas batangan, perhiasan emas, atau emas dinar. Manfaat emas inilah yang membuatnya menjadi favorit di masyarakat.

Baca juga : Cara Mudah Investasi Emas di Tabungan Emas Pegadaian

2. Barang Elektronik

Selain emas, barang elektronik juga masuk dalam list barang yang mudah digadaikan. Barang-barang elektronik itu seperti televisi, ponsel, kulkas, laptop atau komputer, dan kamera. Namun, untuk menggadaikan barang elektronik juga melihat kondisi barang.

Semakin baik keadaan barang-barang yang akan digadaikan, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan pinjaman bernilai tinggi. Jangan lupa, pastikan pula barang elektronik masih bergaransi, memiliki faktur pembelian, tidak pernah rusak, dan populer di kalangan masyarakat.


3. Alat-Alat Pertanian dan Perikanan

Ada beberapa alat pertanian dan perikanan yang bisa digadaikan. Di antaranya adalah gergaji mesin, mesin pompa air, mesin diesel kapal, dan traktor tangan. Para nelayan dan petani yang membutuhkan modal tambahan bisa menggadaikannya. Namun, alat-alat tersebut sebaiknya sudah tidak dipergunakan lagi oleh orang yang menggadaikannya.

4. Kendaraan

Ketika butuh dana mendesak, Anda bisa menggadaikan kendaraan bermotor. Kendaraan yang bisa digadaikan dilihat dari jenis, spesifikasi, dan masa produksinya. Kunjungi gerai Pegadaian dan sertakan surat-surat kendaraan seperti STNK, BPKB, dan faktur pembelian.

Baca juga : Ini Syarat Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian

5. Sertifikat

Sertifikat-sertifikat yang bisa digadaikan, yakni sertifikat tanah dan sertifikat rumah. Nilai pinjaman dari penggadaian sertifikat tanah ditentukan dari PBB dan seberapa strategis posisi tanah Anda. Sertifikat rumah pun bisa berharga tinggi jika nilai jualnya mahal. Jadi, beruntunglah apabila rumah dan tanah Anda memiliki kondisi yang bagus.

Itulah lima barang yang bisa digadaikan di Pegadaian. Di Pegadaian, manfaat emas sebagai barang investasi bisa Anda gunakan. Perlu diingat bahwa Anda harus mencicil pembayaran secara berkala dan tertib. Jangan sampai telat membayar cicilannya, ya!


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 29, 2020, 12:34 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.