Tetap Cuan Sambil Membangun Negeri? Bisa Kok!

Tetap Cuan Sambil Membangun Negeri? Bisa Kok!

Mau investasi sambil membantu membangun negeri? Siapa bilang tidak bisa. Nah, bagi Anda yang punya niat mulia seperti itu, saat inilah waktu yang tepat untuk mewujudkannya. Caranya, dengan membeli Obligasi Negara Ritel seri 017 (ORI017) yang saat ini tengah ditawarkan oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Mungkin sebagian dari Anda akan bertanya, “Kok bisa?” Tentu saja bisa karena investasi ini memang dijukan seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan ORI017 akan dimanfaatkan untuk pembiayaan APBN 2020, termasuk pembiayaan dalam penanganan dan pemulihan dampak pandemi Covid-19, mendukung penanganan kesehatan, jaring pengaman sosial, dan dukungan terhadap dunia usaha khususnya UMKM.

Baca juga : Mana yang Lebih Untung, ORI017 atau Deposito?

Instrumen Surat Berharga Negara (SBN) ini dijamin oleh Pemerintah. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti saat ini, di mana setiap orang sangat menginginkan pertumbuhan aset yang dimiliki. Nah, ORI017 ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk mendapatkan imbal hasil yang besar di era new normal. Masih ragu? Berikut alasan mengapa kamu bisa membantu sesama dan tetap cuan dengan berinvestasi ORI017.

Aman dan Anti Tipu-tipu

Sebagai instrumen investasi yang ditawarkan dan dijamin oleh Pemerintah. ORI017 memungkinkan masyarakat untuk berinvestasi dengan aman dan minim risiko, di mana masyarakat meminjamkan uang ke pemerintah, dan Pemerintah akan mengembalikannya beserta keuntungan setelah jatuh tempo berakhir.

Selain dijamin oleh Pemerintah, ORI017 merupakan instrumen investasi yang dapat diperjualbelikan dengan mengacu pada harga di pasar sekunder setelah melewati minimum holding period pada tanggal 15 September 2020. Sehingga, masyarakat dapat menjual ORI017 dan mendapatkan uangnya kembali pada kondisi mendesak. Begitupun sebaliknya, masyarakat bisa cuan saat uangnya tersimpan sampai masa jatuh tempo. Jadi tak perlu khawatir uang mengendap dan tidak tipu-tipu.

Baca juga : Masyarakat Kelas Menengah Harus Mulai Sadar Investasi

Tidak Harus Punya Modal Besar

Bagi masyarakat yang ragu berinvestasi karena tidak memiliki modal besar. Anda bisa memulai investasi dengan tawaran harga kupon terendah senilai Rp1 juta hingga maksimum Rp3 miliar. Bahkan dengan modal kecil, masyarakat bisa mulai berinvestasi ORI017 dan tetap cuan.


Mudah dan Tanpa Ribet

Jangan khawatir, proses pembelian kupon ORI017 juga terbilang mudah dan aman. Pasalnya, proses pembelian dilakukan secara online melalui e-SBN. Melalui e-SBN, Anda dapat melakukan pembelian ORI017 di mana saja dan kapan saja selama masa penawaran.

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi di ORI017, saat ini sudah dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi 25 Mitra Distribusi (Midis) yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online). Salah satu Mitra Distribusi tersebut adalah digibank by DBS.

Cocok Menjadi Dana Cadangan

Dengan risiko yang cukup rendah, ORI017 dapat menghasilkan cuan yang menjanjikan yaitu dengan besaran kupon sebesar 6,4 persen yang bersifat fixed rate, Anda akan mendapatkan kupon sebesar 6,4 persen per tahun dari pemerintah, dengan tenor tiga tahun hingga tanggal jatuh tempo pada 15 Juli 2023.

Baca juga : Resolusi Keuangan 2020, Waktunya untuk Upgrade Investasi

Hal tersebut lantas menjadikan ORI017 sebagai pilihan investasi yang tepat terutama jika ingin dijadikan sebagai dana darurat karena dapat diperjualbelikan di pasar sekunder ketika sewaktu-waktu dibutuhkan, terlebih di masa depan dengan ketidakpastian akibat pandemi.

Melalui ORI017, Pemerintah ingin mengajak publik untuk terlibat dalam program pemulihan ekonomi dan pembangunan nasional dan bersama-sama menjaga masa depan Indonesia pasca-pandemi Covid-19. Sudah tahu sekarang kalau investasi melalui investasi ORI017, Anda juga bisa ikut membangun negeri.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 25, 2020, 12:10 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.