Tergoda Beli Sepeda, Ini 5 Tips Memilih Sepeda untuk Pemula

Tergoda Beli Sepeda, Ini 5 Tips Memilih Sepeda untuk Pemula

Sepeda kembali menjadi tren di masa pandemi Covid-19. Di tengah anjuran physical distancing dan PSBB, masyarakat mulai melirik kembali sepeda sebagai salah satu moda transportasi dan sarana olahraga. Jenis sepedanya pun beragam, ada folding bike, mountain bike hingga road bike. Soal harga juga bervariasi, mulai dari harga Rp1 jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Memilih sepeda memang mudah-mudah gampang. Mudah karena banyak pilihan sepeda yang bisa dibeli. Namun untuk kenyamanan, ada banyak hal yang harus diperhatikan saat ingin membeli sepeda. Agar tidak salah membeli sepeda, berikut ini duitologi.com membagikan tips memilih sepeda yang tepat bagi pemula.

Baca juga : Hati-hati! Penipuan Lelang Online Makin Marak di Medsos

1. Jenis Sepeda

Sebelum membeli sepeda, Anda sebaiknya mengenali terlebih dahulu jenis-jenis sepeda yang ada di pasaran. Jenis sepeda yang ada saat ini antara lain sepeda gunung (MTB), road bike, BMX, sepeda lipat (folding bike), dan lainnya. Setiap jenis itu punya fungsi dan tingkat kenyamanan yang berbeda. Lalu, tipe sepeda apa yang cocok? Tipe yang paling cocok tergantung pada tujuannya seperti touring, balapan, atau rekreasi, ke mana akan bersepeda seperti jalan aspal atau hutan. 

2. Ukuran Sepeda

Pemilihan ukuran sepeda juga menjadi sangat penting karena sepeda yang tidak sesuai dengan ukuran dan geometri tubuh tubuh bisa membuat aktivitas bersepeda menjadi tidak nyaman. Misalnya, Untuk tinggi badan di bawah 170 cm dapat menggunakan frame S atau 16 inci, kemudian tinggi badan 171-175 cm dapat menggunakan M atau 18 inci. Sedangkan, untuk Anda yang memiliki tinggi badan di atas 176 cm sebaiknya menggunakan frame ukuran L atau 20 inci. Biasanya masing-masing merek sepeda menyediakan rekomendasi ukuran sepeda.


3. Komponen dan Fitur Sepeda

Mengenal fitur dan komponen sepeda seperti suspense, bahan frame, dan gear juga menjadi penting karena menentukan kinerja dan karakter sepeda. Dalam hal ini, semakin bagus komponen dan lengkap fitur sepeda yang ditawarkan tentu akan menentukan mahal murahnya harga sepeda.

4. Diameter Ban

Serupa dengan ukuran sepeda, diameter ban juga harus Anda pahami karena harus menyesuaikan dengan tinggi badan Anda. Untuk jenis sepeda gunung, ada tiga ukuran ban sepeda, yaitu 26, 27.5, dan 29. Sedangkan, untuk jenis sepeda lipat hanya ada dua ukuran ban, yakni 20 dan 16.

Baca juga : Di Era Transisi, Pengelola Mal Harus Mengadaptasi Inovasi Teknologi

5. Harga Sepeda

Nah, ini adalah bagian yang sangat penting. Belilah sepeda sesuai dengan budget yang Anda sanggupi. Setiap sepeda tentunya memiliki harga yang beragam, tergantung merek sepeda dan tingkatan group set yang terpasang di sepeda.

Nah, itulah tips yang harus Anda pahami sebelum ingin membeli sepeda. Ingat, jangan memaksakan diri membeli sepeda hanya karena ingin terlihat keren dan bergaya. Pasalnya, di dunia sepeda ada prinsip “ada harga ada kualitas.”


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 25, 2020, 4:35 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.