Mana yang Lebih Untung, ORI017 atau Deposito?

Mana yang Lebih Untung, ORI017 atau Deposito?

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah memberikan penawaran investasi berupa Obligasi Negara Ritel (ORI) seri 017. Obligasi yang lebih dikenal dengan ORI017 ini memberikan tawaran yang cukup menarik dari sisi imbal hasil per tahunnya.

Dalam investasi, di dalam penak dan pikiran banyak orang akan dikaitkan dengan berapa keuntungan yang didapat dari ORI 017? Jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya seperti deposito, mana yang lebih menguntungkan? Apa alasannya sehingga investasi ORI atau deposito layak untuk dibeli?

Baca juga : Peluang Investasi, ORI017 Akan Diluncurkan 15 Juni 2020

Direktur Surat Utang Negara DJPPR Deni Ridwan mengatakan, kupon Obligasi Negara Ritel seri ORI 017 (ORI017) ditawarkan dengan imbal hasil sebesar 6,4 persen. Imbal hasil yang hasil yang diberikan ORI017 bila dibandingkan dengan rata-rata bunga perbankan tentu lebih tinggi.

“Imbal hasil deposito seperti yang dijamin oleh LPS saat ini sekitar 5 persen. Sedangkan ORI017 memberikan imbal hasil 6,4 persen. Di sini terlhat ada perbedaan marjin yang diberikan kepada investor,” kata Deni dalam wawancara video conference (15/6/2020).


Keuntungan lain dari ORI017, tren suku bunga saat ini cenderung menurun. Investasi deposito tentu akan mengikuti tren suku bunga yang ditetapkan Bank Indonesia (BI). Sementara ORI017 menjadi menarik karena imbal hasil yang diberikan bersifat fix rate sebesar 6,4 persen. "Bunganya dipatok 6,4 persen, tidak akan turun. Kalau menjual di pasar sekunder jadi mendapat harga premium," jelas dia.

Di sisi Pajak Penghasilan (PPh) final, Obligasi Negara Ritel seri ORI 017 juga menawakan potongan pajak yang lebih rendah disbanding deposito. Pajak yang dibebankan ke investor ORI017 hanya sebesar 15 persen. Sedangkan, untuk tabungan deposito, PPh finalnya lebih besar mencapai 20 persen.

Baca juga : Masyarakat Kelas Menengah Harus Mulai Sadar Investasi

Diakui Deni, setiap instrumen investasi punya karakteristik dan keuntungan berbeda. Dalam obligasi ORI017, pemerintah menawarkan tambahan alternatif investasi untuk masyarakat yang aman karena dijamin oleh pemerintah dan undang-undang, dan tetap menguntungkan dengan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan inflasi. Bahkan, lebih tinggi bila dibandingkan dengan kalau masyarakat menyimpan dananya di perbankan.

“Dalam sisi lain juga karena ORI ini bisa diperdagangkan, ini juga ada kesempatan untuk mendapatkan capital gain, yaitu selisih antara nilai beli dan nilai jual kalau masyarakat menjual ORI ini di pasar sekunder,” ucap Deni.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 16, 2020, 9:13 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.