4 Langkah Mudah Berinvestasi ORI017

4 Langkah Mudah Berinvestasi ORI017

Obligasi Negara Ritel seri 017 atau ORI017 sudah diluncurkan oleh pemerintah pada 15 Juni 2020. Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) bisa ikut serta menjadi investor salah satu instrumen Surat Berharga Negara (SBN) ini. Pemerintah kembali menawarkan ORI kepada masyarakat Indonesia dengan seri ORI017 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan.

ORI017 merupakan seri ORI ke-17 yang diterbitkan oleh Pemerintah dan penjualannya dilakukan secara online melalui e-SBN. Berinvestasi pada instrumen SBN ritel kini semakin mudah dengan adanya e-SBN. Melalui e-SBN, Anda dapat melakukan pembelian ORI017 di mana saja dan kapan saja secara online selama masa penawaran.

Baca juga : Mana yang Lebih Untung, ORI017 atau Deposito?

Bagaimana cara untuk menjadi investor di Obligasi Negara Ritel seri 017 ini? Berikut empat langkah mudah berinvestasi ORI017.

1. Registrasi

Registrasi dapat dilakukan setiap saat bahkan sebelum masa penawaran SBN Ritel dibuka. Calon investor dapat mendaftarkan diri pada sistem elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis),dengan menginput data-data antara lain, data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga.

Baca juga : ORI017 Tawarkan Imbal Hasil Sebesar 6,4 Persen

Single Investor Identification (SID) atau Nomor Tunggal Identitas Pemodal adalah kode tunggal dan khusus yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek lndonesia (KSEI) selaku lembaga penyimpanan dan penyelesaian. Bagi calon investor yang belum memiliki nomor SID, Rekening Dana, atau Rekening Surat Berharga, dapat menghubungi Midis.


2. Pemesanan

Setelah registrasi berhasil, calon investor melakukan pemesanan ORI017 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran ORI017.

3. Pembayaran

Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), calon investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email atau SMS sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi. Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking), Pos atau Lembaga Persepsi Lainnya dalam batas waktu yang ditentukan.

Baca juga : Peluang Investasi, ORI017 Akan Diluncurkan 15 Juni 2020

4. Konfirmasi

Setelah pembayaran, calon investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi ORI017 pada tanggal setelmen atau penerbitan. Setelah setelmen, investor dapat meminta Bukti Konfirmasi Kepemilikan ORI017 kepada Mitra Distribusi. Konfirmasi pemilikan akan disampaikan oleh Mitra Distribusi setelah 15 Juli 2020.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan ORI017 akan dimanfaatkan untuk pembiayaan APBN 2020, termasuk pembiayaan dalam rangka upaya penanganan dan pemulihan dampak pandemi Covid-19, antara lain mendukung penanganan kesehatan, jaring pengaman sosial, dan dukungan terhadap dunia usaha khususnya UMKM.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 16, 2020, 3:04 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.