ORI017 Tawarkan Imbal Hasil Sebesar 6,4 Persen

ORI017 Tawarkan Imbal Hasil Sebesar 6,4 Persen

Pemerintah memahami bahwa saat ini sedang terjadi kondisi yang tidak biasa akibat pandemi Covid-19. Untuk itu, Pemerintah harus mengelola pembiayaan APBN dengan lebih hati-hati (prudent) dan memastikan setiap pembiayaan digunakan untuk kegiatan produktif.

Pemerintah kembali menawarkan Obigasi Negara Ritel (ORI) kepada masyarakat Indonesia dengan seri ORI017 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan. ORI017 merupakan seri ORI ke-17 yang diterbitkan oleh Pemerintah dan penjualannya dilakukan secara online melalui e-SBN.

Baca juga : Peluang Investasi, ORI017 Akan Diluncurkan 15 Juni 2020

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan Obigasi Negara Ritel seri 017 akan dimanfaatkan untuk pembiayaan APBN 2020, termasuk pembiayaan dalam rangka upaya penanganan dan pemulihan dampak pandemi Covid-19, antara lain mendukung penanganan kesehatan, jaring pengaman sosial, dan dukungan terhadap dunia usaha khususnya UMKM.

Bagaimana detailnya? Berikut struktur dari Obligasi Negara Ritel Seri 017 atau ORI017 ini.

Penerbit

: Pemerintah Republik Indonesia

Kupon

: Tingkat kupon tetap (fixed rate)

Imbal Hasil Kupon

: 6,40 persen per tahun

Bentuk

: Tanpa warkat (scripless) dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan hanya antar investor domestik yang mengacu pada digit ketiga kode Nomor Tunggal Identitas Pemodal (Single Investor Identification atau SID)

Tenor (Jatuh Tempo)

: 3 tahun, 15 Juli 2023

Penetapan Hasil Penjualan

: 13 Juli 2020

Masa Penawaran

: 15 Juni-9 Juli 2020

Maksimum Pemesanan

: Rp3 miliar

Minimum Pemesanan

: Rp1 juta dan kelipatan Rp1 juta

Setelmen/Penerbitan

: 15 Juli 2020

Pajak

: PPh final 15 Persen

Pembayaran Kupon

: Tanggal 15 setiap bulannya. Kupon pertama dibayarkan tanggal 15 Agustus 2020. Dalam hal tanggal pembayaran kupon bukan pada hari kerja, maka pembayaran kupon dilakukan pada hari kerja berikutnya tanpa kompensasi bunga. Hari kerja adalah hari di mana operasional sistem pembayaran diselenggarakan oleh Bank Indonesia

Minimum Holding Period (MPH)

: Dua kali periode pembayaran kupon. Holding Period adalah periode di mana Investor ORI017 belum boleh memindahbukukan kepemilikan ORI-nya. Kepemilikan ORI017 dapat dipindahbukukan mulai tanggal 15 September 2020


Melalui Obigasi Negara Ritel seri 017 atau ORI017, Pemerintah ingin mengajak publik untuk terlibat dalam program pemulihan ekonomi dan pembangunan nasional dan bersama-sama menjaga masa depan Indonesia pasca-pandemi Covid-19.

Baca juga : Masyarakat Kelas Menengah Harus Mulai Sadar Investasi

Penawaran Obligasi Negara Ritel Seri 017 diharapkan bisa lebih baik dari ORI016. Pada penawaran ORI016, permintaannya mencapai Rp8,2 triliun dari target Rp9 triliun. Pada ORI017, Pemerintah akan melakukan penawaran secara online dengan melibatkan 26 mitra distribusi.

Bagaimana caranya? Untuk berinvestasi ORI, Anda bisa melakukan pembelian kupon secara online melalui mitra distribusi resmi. Berinvestasi pada instrumen SBN ritel kini semakin mudah dengan adanya. Melalui e-SBN, Anda dapat melakukan pembelian ORI di mana saja dan kapan saja secara online selama masa penawaran.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 15, 2020, 8:54 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.