Peluang Investasi, ORI017 Akan Diluncurkan 15 Juni 2020

Peluang Investasi, ORI017 Akan Diluncurkan 15 Juni 2020

Setelah menawarkan Obligasi Negara Ritel Seri 016 pada Oktober 2019, pemerintah kembali melakukan penawaran Surat Berharga Negara (SBN) berjenis Obligasi Negara Ritel Seri 017 atau ORI017. Rencananya, ORI017 ini akan mulai ditawarkan pada 15 Juni 2020 sampai 9 Juli 2020.

“Nah, kini Pemerintah melalui @DJPPRKemenkeu akan membuka kembali masa penawaran Obligasi Negara Ritel seri ORI017 mulai tanggal 15 Juni 2020 pukul 09:00 WIB hingga 9 Juli 2020 pukul 10:00 WIB lho,” tulis akun Twitter @DJPPRKemenkeu.

Selanjutnya, pemerintah akan menetapkan nilai kupon per tahunnya untuk Obligasi Negara Ritel Seri 017 pada Kamis (11/6/2020). SBN jenis ORI017 punya kesamaan dengan Obligasi Negara Ritel Seri 016 mengenai besaran pajaknya, yaitu 15 persen dengan tenor tiga tahun.

Baca juga : Pemerintah Menerbitkan 3 Global Bond Senilai USD43 Miliar

Penawaran Obligasi Negara Ritel Seri 017 diharapkan bisa lebih baik dari ORI016. Pada penawaran ORI016, permintaannya mencapai Rp8,2 triliun dari target Rp9 triliun. Pada ORI017, Pemerintah akan melakukan penawaran secara online dengan melibatkan 26 mitra distribusi.

Apa itu ORI?

ORI atau Obligasi Negara Ritel merupakan salah satu isntrumen Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan warga negara Indonesia (WNI) melalui Mitra Distribusi di pasar perdana. Pemerintah memberikan penawaran ORI kepada masyarakat sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

ORI punya perbedaan dengan investasi negara lainnya. Karakteristinya, ORI berbentuk tanpa warkat (scripless) dan dapat diperdagangkan antar investor domestik, punya potensi capital gain di atas BI 7-Day Reverse Repo Rate, kupon tetap (fixedrate), dan harga per kuponnya terjangkau yakni minimal pembelian Rp1 juta.


Keuntungan ORI

Investasi Obligasi Negara Ritel atau ORI sangat aman karena dijamin oleh negara. Selain aman, ada keuntungan lainnya jika Anda berinvestasi di jenis Surat Berharga Negara ini. Berikut ini 10 keuntungan berinvestasi ORI:

1. Kupon dan pokok dijamin oleh undang-undang.

2. Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN.

3. Kupon dengan tingkat bunga tetap sampai pada waktu jatuh tempo.

4. Kupon akan dibayar setiap bulan.

5. Dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder (antar-investor domestik).

Baca juga : Nasyarakat Kelas Menengah Harus Mulai Sadar Investasi

6. Tersedianya kuotasi harga beli (bid price) dari Mitra Distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan Mitra Distribusi.

7. Berpotensi memperoleh capital gain.

8. Dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain (sesuai dengan kebijakan di masing-masing Mitra Distribusi).

9. Dapat diperdagangkan di organized OTC melalui Electronic Trading Platform (ETP).

10. Masyarakat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Bagaimana caranya? Untuk berinvestasi ORI, Anda bisa melakukan pembelian kupon secara online melalui Mitra Distribusi resmi. Berinvestasi pada instrumen SBN ritel kini semakin mudah dengan adanya. Melalui e-SBN, Anda dapat melakukan pembelian ORI di mana saja dan kapan saja secara online selama masa penawaran.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
June 11, 2020, 7:59 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.