Hidup Tenang dengan Asuransi Kesehatan

Hidup Tenang dengan Asuransi Kesehatan

Tidak ada seorang pun yang menginginkan sakit. Kesehatan adalah salah satu berkah yang paling berharga. Betapa pun ringannya sakit selalu menjadi pengalaman yang tidak mengenakan. Badan terasa sakit, mulut pahit, tidak nafsu makan, dan malas untuk bergerak.

Namun, bagaimana dengan sakit yang jauh lebih berat? Selain sakit yang dirasakan, juga harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk pengobatan. Belum lagi bila penyakit itu memaksa Anda untuk tidak bekerja selama beberapa saat. Betapa sulitnya keadaan seperti itu.

Baca juga : Mengenal Jenis dan Manfaat Asuransi Kesehatan

Dengan semakin melonjaknya biaya kesehatan, tidak pelak lagi asuransi kesehatan menjadi sebuah “keharusan” bagi semua orang. Harus diingat bahwa tidak ada istilah terlalu muda untuk mengikuti asuransi kesehatan karena penyakit dan musibah dapat menimpa siapa saja, tidak perduli berapa usianya.

Tetapi bagaimana mengetahui asuransi kesehatan yang baik? Nah, ini ada beberapa pertimbangan yang bisa diperhatikan untuk memilih asuransi kesehatan.

1. Tanggungan vs Premi

Besarnya premi yang Anda bayarkan akan sangat tergantung dengan nilai dan jenis tanggungan yang kita inginkan. Namun demikian, tidak perlu mengeluarkan dana dalam jumlah yang terlalu besar untuk melindungi diri secara memadai. Anda bisa mendapatkan layanan perawatan dan pengobatan hanya dengan membayar premi sesuai dengan paket asuransi kesehatan yang Anda beli.


2. Nilai Perlindungan yang Dimiliki

Hampir semua karyawan mendapatkan perlindungan asuransi kesehatan dari pemberi kerja seperti BPJS Kesehatan. Untuk disability, Anda juga mendapat perlindungan tambahan dari BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, Anda juga menerima perlindungan kecelakaan bila kita menempuh perjalanan dengan moda transportasi tertentu. Masukan semua nilai perlindungan ini ke dalam bingkai nilai perlindungan yang Anda perlukan. Bila jumlahnya belum mencukupi, barulah kita tambahkan sendiri sesuai kebutuhan.

3. Riders

Untuk mendapatkan perlindungan yang optimal, sebaiknya mengoptimalkan pilihan manfaat asuransi tambahan (riders) yang disediakan. Banyak sekali pilihan yang dapat diambil, seperti untuk penyakit kritis, rawat jalan, kecelakaan dan disability, dan lainnya. Sangat menganjurkan agar memprioritaskan riders untuk perlindungan penyakit kritis guna menghindari skenario mimpi buruk di atas terjadi.

Baca juga : Kiat Memilih Asuransi Kesehatan yang Cocok untuk Masa Depan

Untuk yang lainnya, sesuaikan kebutuhan masing-masing. Misalnya, bila sering melakukan perjalanan, atau memiliki pekerjaan yang banyak mengandung risiko kecelakaan, sewajarnyalah mengambil perlindungan terhadap kecelakaan dalam pilihan asuransinya.

4. Jaringan yang Luas

Ini termasuk aspek nonfinansial yang paling penting dalam menentukan pilihan. Asuransi yang dipilih haruslah memiliki jaringan yang luas sehingga tidak akan mengalami kesulitan dalam menemukan rumah sakit mitra seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan. Usahakan agar asuransi yang dipilih bekerja sama dengan setidaknya satu rumah sakit yang dekat dengan tempat tinggal.

Masih banyak pertimbangan lainnya dalam memilih asuransi kesehatan yang tepat. Empat pertimbangan di atas merupakan hal sederhana apabila ingin membeli premi asuransi kesehatan. jadi, bagaimana sudah siap melindungi diri dan orang-orang yang sayangi dengan asuransi kesehatan?


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 29, 2020, 9:37 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.