Mau Kredit Kendaraan? Pertimbangkan 7 Hal ini Sebelum Memilih Leasing

Mau Kredit Kendaraan? Pertimbangkan 7 Hal ini Sebelum Memilih Leasing

Punya rencana untuk mengajukan kredit mobil atau motor? Jika iya, tentu langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih perusahaan leasing (pembiayaan) agar tidak banyak dikecewakan di kemudian hari.

Bagi Anda sebagai calon pembeli, sistem pembiayaan kredit ini memang sangat menguntungkan terutama apabila Anda ingin sekali memiliki motor atau mobil impian, namun secara finansial belum siap untuk membayar secara tunai.

Baca juga : Daftar Bank dan Leasing yang Memberi Keringanan Kredit

Tetapi Anda harus tetap waspada, sebelum Anda mulai membeli kendaraan bermotor dengan sistem kredit. Maka, sebelum Anda memutuskan leasing mana yang akan Anda pilih, Ada baiknya Anda pertimbangkan 7 hal ini agar tidak salah memilih perusahaan leasing:

1. Kenali Perusahan Leasing

Kenali dan cari tahu tentang perusahaan leasing yang ingin Anda gunakan, apakah perusahaan itu mempunyai reputasi yang baik, terpercaya, dan punya kemampuan finansial yang baik pula. Pasalnya, tidak sedikit juga perusahaan leasing yang punya kemampuan keuangan terbatas, menjaminkan kembali BPKB kendaraan konsumennya untuk mendapatkan tambahan dana. Akibatnya, BPKB tidak bisa segera diserahkan kepada konsumen.


2. Pilih Kantor Leasing Terdekat

Semakin dekat jarak Anda dengan kantor leasing maka semakin mudah pula akses Anda untuk datang dan bertanya langsung apabila Anda memiliki masalah dalam masa kredit Anda. Hal ini penting karena pada saat masa kredit Anda selesai, Anda perlu datang langsung ke kantor leasing untuk mengambil BPKB Anda. Jadi pastikan Anda nyaman dengan kantor leasing yang Anda pilih nanti.

3. Periksa Sistem Kredit

Periksa sistem dan tata cara kredit yang mereka tawarkan, lalu bandingkan dengan yang lain untuk mengetahui paket kredit yang lebih murah, seperti bunga yang lebih rendah, atau besaran uang muka yang sesuai dengan kemampuan Anda. Bandingkan bunga dan cicilan yang mereka tawarkan, termasuk jangka waktu kredit. Sebelum mengambil kredit pada leasing pertimbangkan juga biaya fidusia (biaya yang dikeluarkan sebagai tanda bukti kepercayaan) dan biaya provisi (biaya administrasi).

Baca juga : 6 Hal Penting untuk Menghitung Simulasi Kredit Mobil

4. Pastikan Cara Pembayaran Cocok dengan Kondisi Keuangan

Pilih dealer dan perusahaan leasing yang menawarkan Anda beberapa fitur dan kemudahan dalam melakukan kredit motor atau mobil. Anda dapat bertanya mengenai sistem pembayarannya, apakah cukup fleksibel dan dapat di akses melalui ATM, jasa pos, atau bank lain.

Usahakan agar Anda mencari sistem pembayaran cicilan dengan bunga yang lebih rendah dan denda yang cukup ringan untuk mengantisipasi ketika Anda terpaksa harus terlambat dalam membayar cicilan karena ada hal yang mendesak.


5. Bagaimana Prosedur Jika Anda Menunggak Cicilan

Anda perlu mengetahui prosedur atau SOP dari perusahan leasing ketika pelanggan menunggak atau terlambat membayar cicilan dari tanggal jatuh tempo. Berapa denda yang harus Anda bayarkan per hari keterlambatan?

Perusahaan leasing yang baik akan segera mengingatkan apabila Anda terlambat atau lupa membayar cicilan. Hal itu dilakukan agar pelanggan terhindar dari pembayaran denda yang lebih besar, karena denda dihitung dari akumulasi hari keterlambatan dikalikan dengan denda per hari.

6. Asuransi

Apakah fasilitas kredit yang ditawarkan oleh perusahaan leasing yang akan Anda pilih nanti ada asuransinya? Hal ini wajib ditanyakan jangan Anda diabaikan, terlebih dengan banyaknya kasus kejahatan pencurian kendaraan bermotor, perampasan, kecelakaan dan lain-lain. Pastikan dan cari tahu dari pengalaman orang lain mengenai klaim asuransi dari perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan leasing.

Baca juga : Bingung Pilih Mobil Baru atau Bekas? Pertimbangkan 5 Hal ini

7. Pilih dan Gunakan Jasa Leasing Terbaik

Jangan mudah tergiur dengan berbagai penawaran atau diskon menarik yang ditawarkan oleh pihak leasing, karena hal tersebut belum tentu benar-benar menguntungkan bagi Anda. Pertimbangkan untuk selalu melakukan perbandingan sebelum menentukan pilihan, hal ini akan membantu Anda menemukan sebuah layanan leasing terbaik dan paling menguntungkan dalam pembelian kredit motor yang akan Anda lakukan.

Nah, setelah Anda mengetahui hal ini, tentu Anda lebih berhati-hati dalam memilih leasing. Dapat dikatakan bahwa leasing yang Anda pilih adalah partner Anda selama Anda mengkredit jadi pastikan bahwa Anda memilih leasing yang tepat.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 26, 2020, 9:39 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.