4 Hal Penting Sebelum Kredit Mobil

4 Hal Penting Sebelum Kredit Mobil

Mobil sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi yang sudah berkeluarga. Membuat keluarga tersenyum dengan merasakan kemudahan, kebebasan dan kenyamanan dalam berkendara dengan transportasi pribadi menjadi alasan utama setiap orang ingin memiliki kendaraan roda empat. Namun harga yang melambung tinggi membuat kita sulit menjangkau dengan membeli secara tunai.

Maka dari itu kredit mobil menjadi solusi utama bagi Anda yang ingin memiliki mobil tetapi tidak mempunyai uang yang cukup untuk membeli mobil secara tunai. Tetapi Anda perlu berhati-hati sebelum mengajukan kredit mobil, jangan sampai kredit mobil ini menjerumuskan Anda dan terlilit utang di masa depan.

Baca juga : 6 Hal Penting untuk Menghitung Simulasi Kredit Mobil

Bagaimana caranya? Berikut ini empat hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan akad kredit mobil.

1. Cari Tipe Mobil Sesuai Kebutuhan Bukan Keinginan

Sebelum membeli mobil, tentu Anda harus menentukan yang mana yang akan dibeli. Jenis mobil sangat banyak, dapat dilihat dari merek, ukuran, warna, dan gunanya. Hal yang harus kita tentukan terlebih dahulu adalah apa tujuan membeli mobil. Jika Anda merasa akan membutuhkan mobil untuk membawa barang-barang yang banyak, pilihlah mobil berukuran besar.

Sementara jika kita butuh mobil hanya untuk memudahkan aktivitas pergi ke kantor, mungkin akan lebih baik memilih mobil berukuran kecil karena lebih mudah dikendarai. Kembali lagi, pikirkan seperti apa tipe mobil yang dibutuhkan, bukan diinginkan.

2. Perhatikan Harga Beli Mobil dan Harga Jualnya

Beberapa mobil harganya akan langsung turun 10-15 persen setelah keluar dari showroom. Namun ada juga mobil yang malah harga bekasnya bisa lebih tinggi dari harga belinya. Jika Anda tidak mau merugi di kemudian hari, perhatikan hal ini dengan seksama. Coba lihat dari mereknya, mesinnya, serta spesifikasi lainnya untuk dijadikan pedoman dalam menilai harga jual mobil Anda nanti.