Restrukturisasi Pembiayaan Astra Financial Mencapai Rp 21,9 Triliun

Restrukturisasi Pembiayaan Astra Financial Mencapai Rp 21,9 Triliun

Lembaga Jasa Keuangan bidang pembiayaan Astra Financial telah melakukan relaksasi kredit konsumen untuk mendukung program Pemerintah dalam membantu masyarakat terdampak pendemi Covid-19. Selama 1,5 bulan sejak diluncurkan, implementasi restrukturisasi tersebut mencapai Rp 21,9 triliun untuk konsumen roda empat, maupun roda dua. Angka itu merupakan 41 persen dari total restrukturisasi di industri pembiayaan.

Setelah Presiden RI mengumumkan program tersebut pada 24 Maret 2020 yang diikuti oleh kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 30 Maret 2020, maka sejak itu seluruh Perusahaan Pembiayaan (PP) yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) yang berjumlah 183 PP menindaklanjuti program tersebut.

Baca juga : Daftar Bank dan Leasing yang Memberi Keringanan Kredit

Begitu juga dengan tiga perusahaan pembiayaan ritel yang ada dalam Astra Financial, yaitu PT Astra Sedaya Finance (ACC) dan PT Toyota Astra Financial Services (TAF) untuk pembiayaan kendaraan roda empat serta PT Federal International Finance (FIFGROUP) untuk pembiayaan kendaraan roda dua.

“Selama 1,5 bulan setelah peraturan restrukturisasi tersebut diimplementasikan, total restrukturisasi yang disetujui di tiga [erusahaan pembiayaan Astra Financial, yaitu ACC dan TAF serta FIFGROUP mencapai Rp 21,9 triliun yang dilakukan untuk 792.000 nasabah yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia,” kata Direktur PT Astra International Tbk Suparno Djasmin.


Pembiayaan Roda Dua dan Roda Empat

Untuk pembiayaan roda dua, FIFGROUP atau PT Federal International Finance, sejak awal April 2020 hingga 17 Mei 2020, telah menyetujui relaksasi senilai Rp6,7 triliun yang dilakukan untuk 683.000 nasabah yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

“FIFGROUP dengan jaringan network yang tersebar di seluruh Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung kebijakan Pemerintah dan juga memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh nasabah di tengah masa dan tantangan yang sulit ini,” ucap CEO FIFGROUP Margono Tanuwijaya.

Baca juga : FIFGROUP Setujui Relaksasi Kredit Senilai Rp15 Triliun

Untuk pembiayaan roda empat, Astra Financial melalui PT Astra Sedaya Finance (ACC), sepanjang 1,5 bulan telah memberikan restrukturisasi pembiayaan mencapai Rp11 triliun dengan jumlah pengajuan sebanyak 78.000 kontrak.

Presiden Direktur ACC Siswadi menjelaskan, nilai yang besar itu karena nasabah yang mengajukan restrukturisasi pembiayaan bisa dilakukan secara online sehingga tidak perlu ke kantor cabang. “ACC memberikan solusi terbaik bukan hanya pada saat awal pembiayaan, namun di saat-saat sulit seperti ini,” katanya.

Baca juga : Terdampak Covid-19, IKM Bisa Dapat Pinjaman Lunak

Sementara PT Toyota Astra Financial Services (TAF), jumlah kontrak yang berhasil diselesaikan oleh TAF selama 1,5 bulan ini mencapai sekitar 30.993 kontrak dengan nilai mencapai Rp4,2 triliun. “Dalam kondisi Covid-19 ini, kami aktif menawarkan program restrukturisasi bagi nasabah terdampak baik terhadap end customer maupun dealer,” jelasnya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 23, 2020, 3:33 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.