Cara Pintar Mengatur Keuangan Saat Hari Raya Idulfitri

Cara Pintar Mengatur Keuangan Saat Hari Raya Idulfitri

Hari raya Idulfitri merupakan puncak ibadah puasa Ramadan selama satu bulan lamanya. Orang biasa menyebut hari raya sebagai hari kemenangan bagi umat muslim yang berpuasa. Hingga tak jarang untuk merayakannya, masyarakat berbondong-bondong memilih busana yang serba baru, menyiapkan hidangan yang lezat, dan memanfaatkan momen indah ini bersama keluarga.

Maka tidak heran untuk memenuhi kebutuhan tersebut Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Belum lagi jika ternyata anggaran yang disiapkan mengalami pembengkakan. Oleh karena itu, Anda harus pintar dalam mengatur anggaran hari raya supaya pengeluaran yang digunakan tidak boros.

Baca juga : Gagal Mudik Lebaran, Gunakan Dananya Secara Bijak

Bagaimana cara mengatur keuangan saat hari raya Idulfitri? Berikut ini empat tips mengatur keuangan saat Lebaran.

1. Rencanakan Anggaran

Untuk dapat mengatur dengan baik anggaran hari raya, Anda harus membuat rencana anggaran secara cermat. Namun Anda perlu membedakan dengan anggaran bulanan biasanya. Rencana anggaran untuk merayakan hari raya dibuat janganlah berlebih-lebihan. Buatlah seminim mungkin, namun cukup untuk memenuhi semua kebutuhan.

2. Tentukan Skala Prioritas

Setiap orang tentu ingin merayakan hari raya Idulfitri dengan penuh suka cita. Namun bukan berarti harus berlebih-lebihan. Agar keuangan Anda tetap terkendali, buatlah skala prioritas dalam anggaran Lebaran. Pastikan mana anggaran yang primer dan mana anggaran yang sekunder.


3. Membayar Utang

Idulfitri menjadi momen yang tepat untuk saling maaf memaafkan. Bukan itu saja, hari Lebaran pun bisa menjadi waktu yang pas untuk membayar utang piutang. Bayarlah utang agar tidak menjadi beban keuangan Anda di masa mendatang. Anda bisa menggunakan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk melunasi utang-utang Anda tersebut.

4. Dana Tidak Terduga

Ini menjadi bagian yang cukup penting. Jangan sampai ingin terlihat keren, Anda menghabiskan uang secara berlebihan. Cobalah Anda sisihkan uang sebagai dana tidak terduga atau dana darurat. Hal ini bertujuan sebagai antisipasi jika ada kebutuhan mendesak yang memerlukan biaya. Selain itu juga untuk jaga-jaga jika ingin memberi uang kepada sanak saudara, keponakan dan sebagainya.

Baca juga: Tips Menghemat Uang Belanja Menjelang Lebaran

Demikian beberapa cara pintar yang dapat Anda jadikan acuan dalam mengatur anggaran hari raya sebaik dan sehemat mungkin. Usahakan juga usai hari raya, Anda masih memiliki tabungan yang dapat digunakan pada hari-hari selanjutnya. Agar Anda tidak kebingungan ketika kehabisan uang.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 20, 2020, 3:09 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.