4 Langkah Mengatur Kembali Keuangan Pasca Lebaran

4 Langkah Mengatur Kembali Keuangan Pasca Lebaran

Lebaran merupakan waktu yang digunakan banyak orang untuk berbagi rezeki. Walau ada uang tambahan uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang menambah pendapatan, karena tidak mengatur keuangan dengan tepat, beberapa orang malah mengalami kantong kempes pasca Lebaran.

Beberapa orang akhirnya terjebak meminjam uang untuk memenuhi kehidupan pasca Lebaran tanpa memikirkan kemampuan membayar dan melunasinya. Maka dari itu, penting sekali untuk mulai mengevaluasi keuangan dan mengontrol kembali kondisi keuangan pasca lebaran untuk memastikan keuangan tetap dalam kondisi stabil.

Baca juga : Gagal Mudik Lebaran, Gunakan Dananya Secara Bijak

Berikut merupakan empat langkah yang perlu Anda perhatikan dan dilakukan untuk mengatur keuangan Anda pasca Lebaran.

1. Atur Ulang Perincian Pengeluaran

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengatur kembali perincian pengeluaran bulanan Anda. Coba perhatikan, pos pengeluaran mana yang bisa dihemat. Pastikan bahwa pos pengeluaran yang dihemat itu bukan pengeluaran kebutuhan sehari-hari.

2. Prioritas Kebutuhan Utama

Apabila biasanya Anda memiliki anggaran untuk berlibur, shopping, atau sekadar hobi, untuk sementara waktu lebih baik pusatkan dana-dana tersebut ke dalam tabungan atau uang belanja harian seperti ongkos bekerja, uang makan ataupun untuk keperluan mendesak.


3. Batasi Pengeluaran Harian

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan dalam membatasi biaya yang dikeluarkan dalam satu hari. Apabila biasanya Anda selalu makan siang di kantor dan senang membeli makanan ringan ke kantor. Cobalah untuk membawa makan siang dan cemilan dari rumah.

Sedangkan untuk biaya transportasi, jika Anda biasanya menggunakan kendaraan pribadi ke kantor, mulailah membiasakan diri untuk menggunakan transportasi umum. Semua itu dilakukan untuk menghemat biaya BBM dan biaya parkir.

4 Hindari Belanja Berlebihan dengan Kartu Kredit

Langkah pertama dalam mengelola keuangan pasca lebaran yang harus Anda lakukan adalah dengan menghindari belanja secara berlebihan. Hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi belanja adalah dengan membuat anggaran pengeluaran secara detil.

Baca juga : Habis Mudik Terbitlah Utang, Ini Cara Mencegahnya

Jangan sampai Anda kembali melakukan belanja berlebihan sampai-sampai mengacuhkan kewajiban dan keperluan yang lebih primer, seperti mengisi kembali pundi-pundi tabungan dan melunasi pinjaman yang Anda ambil saat bulan Ramadan. Terlebih dari itu, cobalah untuk melakukan detoks kartu kredit.

Kebutuhan belanja yang meningkat pada bulan Ramadan biasanya mengakibatkan seseorang juga menggunakan kartu plastik tersebut untuk berbelanja. Maka dari itu, jangan menambahkan total utang lagi ke dalam kartu kredit yang Anda miliki, agar tidak semakin kesulitan saat akan melunasi tagihan.

Itulah empat langkah mengatur keuangan pasca lebaran. Mungkin tips ini sangat berat untuk dilakukan, tetapi dengn niat dan tekad yang bulat Anda pasti bisa menjalaninya. Terpenting adalah evaluasi keuangan pasca lebaran untuk memastikan keuangan tetap dalam kondisi stabil.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 20, 2020, 3:09 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.