Tips Menghemat Uang Belanja Menjelang Lebaran

Tips Menghemat Uang Belanja Menjelang Lebaran

Salah satu dampak yang dirasakan menjelang hari raya Idulfitri adalah melonjaknya harga-harga bahan kebutuhan pokok. Ini akan membuat pos pengeluaran menjadi membengkak. Jika Anda tidak mampu mengatur keuangan dengan baik, pasti akan mengarah pada pemborosan. Meskipun mengalami kenaikan, Anda masih harus belanja karena memang desakan kebutuhan yang ada.

Harga yang kian meroket juga membuat pusing bagi ibu rumah tangga, terutama bagi kalangan menengah yang kondisi ekonominya masih pas-pasan. Untuk tetap hemat di tengah meningkatnya harga kebutuhan pokok saat puasa ini, Anda perlu menerapkan beberapa trik menghemat uang saat harga kebutuhan meroket menjelang Lebaran.

Baca juga : Cara Mengelola Keuangan Selama Pandemi Covid-19

1. Belanja di Pasar Tradisional

Belanja di pasar tradisional akan membuat Anda lebih hemat. Jika di bandingkan dengan belanja di supermarket, pasar tradisional akan menjadi pilihan tepat jika Anda ingin hemat. Sayur yang di jual di pasar tradisional jauh lebih murah daripada di supermarket.

2. Pilih Masakan yang tidak Mudah Basi

Mengolah masakan dari daging ayam atau sapi memang boleh-boleh saja. Namun, ketika Anda ingin berhemat di tengah meningkatnya harga kebutuhan pokok saat ini, Anda bisa memasak sayur yang bisa digunakan hingga sarapan keesokan harinya.


3. Hindari Menyimpan Bahan Makanan yang tidak Dibutuhkan

Secara umum, ibu rumah tangga lebih sering menyimpan bahan makanan yang belum dibutuhkan. Memang, hal ini dilakukan supaya lebih mudah jika nanti membutuhkannya sewaktu-waktu. Tapi, di saat kondisi seperti ini sebaiknya jangan menyetok bahan makanan yang belum dibutuhkan supaya Anda tetap hemat.

4. Hemat Gas Elpiji

Anda perlu menghindari pengolahan masakan yang membutuhkan waktu lama dan bisa menghabiskan gas elpiji. Jadi, alangkah lebih baiknya jika Anda mengolah masakan yang simpel saja.

Baca juga : Yuk, Tetap Hemat Saat Bulan Ramadan

5. Kombinasikan Menu Makanan Seimbang

Di tengah meningkatkan harga kebutuhan pokok, Anda tidak harus selalu mengonsumsi makanan mewah. Sah-sah saja memasak daging, tapi sesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi ekonomi. Supaya lebih sehat imbangi antara konsumsi daging dan juga sayur.

Itulah beberapa trik menghemat uang ditengah harga kebutuhan pokok yang melonjak menjelang seperti ini. Semoga info ini bermanfaat dan selamat mencoba!


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 19, 2020, 4:16 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.