Bosan? Lakukan 5 Aktivitas ini Selama Ramadan #dirumahaja

Bosan? Lakukan 5 Aktivitas ini Selama Ramadan #dirumahaja

Ramadan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Saat ini, Ramadan dijalani dalam masa sulit di tengah kepungan pandemi Covid-19. Ratusan juta umat muslim di dunia, termasuk di ndonesia, menalankan ibadah Ramadan dengan penuh keprihatinan.

Akibat pandemi virus corona, tidak ada pertemuan di masjid untuk salat tarawih, tadarus bersama, tidak ada iftar buka puasa danmakan malam bersama keluarga dan teman, dan budaya mudik untuk merayakan Idul Fitri pun dilarang.

Namun tenang saja, masih ada banyak aktivitas menyenangkan saat #dirumahaja di bulan suci Ramadan ini. Apa saja aktivitas itu? Simak beberapa aktivitas berikut ini.

Baca juga : Tips Tetap Produktif dan Update dari Rumah Selama Ramadan

1. Melakukan Aktivitas Baru

Jika Anda mencari kegiatan yang menenangkan, Anda dapat belajar sesuatu yang baru atau sebelumnya tidak sempat Anda lakukan seperti menggambar, mewarnai, dan fotografi. Menggambar dan mewarnai bisa lebih dari sekadar cara untuk menghabiskan waktu.

Studi menunjukkan bahwa kedua kegiatan tersebut dapat memiliki efek yang signifikan terhadap kesehatan mental Anda. Anda dapat mulai dari menggambar benda-benda yang ada di rumah Anda termasuk hewan peliharaan, sepatu, atau tanaman favorit.

Untuk fotografi, sudut-sudut ruangan dan perabot rumah bisa menjadi objek fot Anda. Inspirasi pengambilan gambar banyak dicontihkan di media sosial dan internet. Tidak perlu menggunakan kamera DSLR atau mirrorless, Anda bisa menggunakan handphone.


2. Menanam Sayuran dan Buah

Aktivitas lain yang dapat menenangkan pikiran dan dapat dilakukan semua anggota keluarga ketika terisolasi di rumah adalah berkebun. Anda dapat mulai menanam sayuran seperti bayam, cabai, terong, atau jeruk dan membuat kompos dari limbahnya.

Merawat tanaman dapat mengurangi stress akibat pandemi dan menyatukan anggota keluarga. Menurut The Old Farmer’s Almanac, Anda perlu memilih tempat yang tepat, memilih ukuran plot, memilih sayuran yang ingin ditanam, serta memutuskan di mana dan kapan untuk menanam untuk mulai berkebun sayur.

3. Membuat Kue Idul Fitri

Ceriakan akhir minggu Anda dengan membuat kue Lebaran (Idul Fitri) buatan sendiri seperti nastar, kastengel, dan putri salju. Saat ini, banyak resep gratis dan mudah yang tersedia secara online. Anda juga dapat membagikan kue ini sebagai hadiah untuk keluarga, teman, tetangga, atau orang-orang yang kurang mampu sebagai cara untuk menunjukkan rasa kasih dan menjaga ikatan sosial di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca juga : Fakta Menarik Perilaku Konsumen Selama Periode Work From Home

4. Olahraga dan Tetap Bergerak Aktif

Selama pembatasan sosial, Anda mungkin kesulitan berolahraga seperti biasanya. Faktanya, pada keadaan seperti ini, gaya hidup aktif menjadi semakin penting. Anda dapat mulai dengan melakukan gerakan fisik ringan selama 3-4 menit, seperti berjalan atau peregangan. Kegiatan fisik yang teratur memberikan manfaat bagi tubuh dan pikiran.

6. Membuat Diri Terinspirasi

Terakhir, tambah wawasan Anda dan tenggelam dalam berbagai dokumenter yang bagus. Saat ini, dokumenter sangat mudah diakses dan menarik karena memberikan cerita yang otentik dan membantu kita untuk dapat memahami kehidupan dari sudut pandang orang lain.

Semoga, ide-ide di atas dapat menceriakan bulan suci Ramadan Anda. Walaupun kondisi kita saat ini berbeda karena harus tetap berada di rumah, kamu tetap dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang menarik. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan apapun saat #dirumahaja.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 19, 2020, 4:17 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.