Sudah Memiliki Asuransi Kantor? Perlukah Asuransi Tambahan

Sudah Memiliki Asuransi Kantor? Perlukah Asuransi Tambahan

Perusahaan yang baik biasanya sudah memiliki sistem proteksi bagi karyawannya, setidaknya untuk perlindungan kesehatan dalam bentuk asuransi kesehatan. Apalagi saat ini, ada peraturan pemerintah yang mengharuskan perusahaan untuk ikut dalam program asuransi BPJS Kesehatan. Beberapa perusahaan malah memberikan asuransi tambahan dari perusahaan asuransi swasta untuk karyawannya.

Tetapi tidak ada salahnya jika Anda memiliki asuransi pribadi sebagai tambahan, apalagi untuk Anda yang berkeluarga. Tidak semua perusahan memberikan asuransi untuk keluarga maka tak ada salahnya mulai melirik asuransi tambahan untuk melindungi diri Anda dan keluarga.

Setidaknya ada dua produk asuransi yang perlu dipertimbangkan yaitu asuransi kesehatan dan jiwa. Pertimbangan apa sajakah yang perlu dipikirkan sebelum mengambil produk asuransi tambahan? Ulasan di bawah ini akan membantu Anda.

Baca juga : Sudah Punya BPJS Kesehatan, Masih Perlukah Asuransi Kesehatan

Jika saat ini Anda sudah ikut program asuransi kesehatan atau tambahan asuransi yang lainnya dan merasa masih ada yang kurang, maka tak ada salahnya mengambil tambahan asuransi. Pertimbangan berikut ini salah satunya:

1. Nilai Pertanggungan Asuransi

Asuransi kesehatan punya kelas layanan tersendiri sesuai dengan premi yang dibayarkan. Jika Anda merasa kelas layanan yang diberikan tidak sesuai harapan, tak ada salahnya mencari asuransi tambahan. Begitu pun dengan asuransi jiwa, apakah uang pertanggungan yang diberikan sudah cukup besar atau belum. Sesuaikan dengan kebutuhan, setidaknya mencakup pertanggungan Rp1 milyar. Jika kurang, bisa mengambil tambahan asuransi di luar kantor.


2. Asuransi Kantor Terbatas

Satu hal yang paling membuat tidak nyaman dalam ikut program asuransi adalah mekanisme klaim. Terkadang asuransi kantor hanya melayani rumah sakit yang terbatas atau mobilitas Anda tinggi sementara proses klaim susah dan merepotkan, maka ada baiknya untuk mempertimbangkan ambil asuransi tambahan lain.

3. Anggaran Membeli Asuransi Tambahan

Faktor ini paling penting untuk dijadikan acuan utama. Jangan sampai memaksakan diri ikut asuransi tambahan yang justru akan membebani pengeluaran bulanan hingga membuat Anda stres.

Baca juga : Asuransi Apa Saja yang Saya Butuhkan

4. Asuransi Kantor Tidak Meliputi Keluarga

Asuransi kantor biasanya hanya memberikan klaim untuk nasabah yang terdaftar dan tidak meliputi keluarga dari nasabah. Oleh karena itu, Anda juga perlu mempertimbangkan memiliki asuransi pribadi yang meliputi istri dan anak.

Itulah beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan apabila ingin mengambil asuransi tambahan dari perusahaan swasta. Jangan lupa pula, pastikan asuransi swasta tersebut memiliki izin operasi resmi dan pilihlah premi asuransi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 15, 2020, 4:03 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.