Ini Modus Pembobolan Rekening Lewat Kode OTP

Ini Modus Pembobolan Rekening Lewat Kode OTP

Beberapa tahun lalu, masyarakat dihebohkan kejahatan perbankan skimming, di mana sejumlah uang nasabah raib dari rekening tabungan. Skimming ini adalah modus kejahatan dengan meletakkan alat perekam data pada mesin ATM atau EDC yang dapat menyalin seluruh data kartu debit dan kartu kredit.

Saat ini di tengah pandemi Covid-19, muncul modus kejahatan perbankan yang mengincar nasabah yang melakukan transaksi elektronik. Jika dulu mengincar PIN ATM, para pelaku kejahatan perbankan mencoba melakukan pembobolan rekening nasabah lewat pengalihan kode one time password atau OTP.

Baca juga : Hati-hati, Pembobolan Rekening Lewat Kode OTP Meningkat

Apa itu Kode OTP?

Menurut Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), OTP adalah password sekali pakai yang berfungsi sebagai sistem keamanan dalam transaksi, umumnya transaksi online. Dengan memasukkan nomor OTP, Anda berarti menyetujui penggunaan kartu debit atau kartu kredit untuk membayar transaksi.

Kode ini terdiri dari enam angka acak yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone atau email Anda. OTP kadang juga disebut sebagai kode otentikasi, m-PIN, kode verifikasi, nomor verifikasi, kode rahasia, kode enam karakter, dan lainnya.


Istilah ini bisa bertambah dan berubah seiring waktu. Maka dari itu, nomor OTP bersifat rahasia dan tidak boleh diberitahukan kepada siapa pun, termasuk pegawai bank. Kode OTP ini biasanya memiliki batas waktu yang singkat. Setiap kode yang dikirimkan ini umumnya hanya berlaku selama lima menit.

Baca juga : Cara Perbankan untuk Melawan Kejahatan Finansial

Bagaimana Modusnya?

Kejahatan pasti memiliki jalan yang lihat untuk menjerat korbannya. Namun secara umum, modus kejahatan pembobolan rekening lewat kode OTP sebagai berikut:

• Penipu menelpon Anda, mengaku petugas dari bank dan instansi resmi lainnya.

• Mengeluarkan berbagai bujuk rayu untuk mengelabui.

• Penipu menanyakan nomor OTP yang dikirim ke HP Anda.

• Penipu menggunakan nomor OTP Anda untuk bertransaksi.

• Kartu debit atau kredit Anda disalahgunakan oleh penipu.


Bagaimana Mencegahnya?

Tidak perlu khawatir berlebihan, asalkan Anda menjaga kerahasiakan kode OTP maka akan aman. Setiap operator yang mengirimkan kode OTP pasti akan mengingatkan Anda untuk tidak memberikan kode tersebut kepada siapa pun. Berhati-hatilah apabila ada pihak yang menghubungi dan mengaku sebagai perwakilan dari operator tertentu yang meminta kode OTP tersebut.

Baca juga : 11 Tips Menghindari Kejahatan Digital Banking

Bukan hanya itu, Anda juga harus waspada apabila menerima rentetan SMS berisi kode OTP. Bisa saja itu upaya pelaku untuk meretas akun pribadi Anda. Caranya, segera ganti password atau PIN yang Anda miliki dan hubungi customer service dari layanan yang Anda gunakan.

Namun, jangan takut untuk melakukan transaksi online dengan menggunakan kode OTP atau one time password. Terpenting adalah tetap kerahasiaan kode OTP yang Anda terima. Selain itu tetaplah berhati-hati dan waspada dengan berbagai modus penipuan meminta kode OTP.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 12, 2020, 3:40 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.

    andre

    andre

    • 3 weeks, 1 day lalu

    Tolong dengarkan semua orang Brain Hackers Tech World ini adalah syarikat penggodam ATM yang asli dan dipercayai, sebab mengapa saya mengatakan mereka dipercayai adalah kerana saya mendapat kad kosong yang diprogramkan dari syarikat itu, bukan lagi berita bahawa banyak syarikat penggodam dalam talian adalah palsu, saya telah menghubungi sekian banyak orang untuk kad yang sama ini tetapi tidak ada yang dapat memberikannya, semua yang mereka minta dari saya adalah wang, wang dan wang pada akhirnya mereka masih akan memberi saya cerita lain tanpa memberikan kad, saya tidak mengatakan bahawa mereka tidak syarikat sebenar di luar sana, tetapi kebanyakan mereka yang saya hubungi adalah penipu, Penggodam otak adalah satu-satunya syarikat yang memenuhi kehendak saya. Itulah sebabnya saya meluangkan masa untuk memberitahu anda bahawa walaupun menghadapi cabaran yang anda hadapi kad ini dapat mengubah kad anda dalam masa kurang dari 3 hari dengan cara yang sama ia mengubah hidup saya untuk selamanya, saya merasa sukar untuk memberi makan keluarga saya tetapi sejak hari saya menerima kad ini sehingga sekarang wang tidak menjadi masalah saya, anda boleh menghubungi syarikat untuk maklumat lebih lanjut VIA brainhackers@aol.com