Tips Mengelola THR Agar Tidak Habis Tanpa Sisa

Tips Mengelola THR Agar Tidak Habis Tanpa Sisa

Tunjangan Hari Raya (THR) sangat identik dengan hari raya keagamaan. Apalagi Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba. Bagi umat muslim pasrtinya akan menerima THR yang besarannya sesuai masa kerja pekerja dan kebijakan perusahaan. Memang rata-rata besar THR adalah satu kali gaji pokok, namun ada juga pemberi kerja yang memberikan lebih dari angka tersebut.

Namun, berapa pun nilainya, THR bisa menjadi pendapatan ekstra yang bisa Anda manfaatkan untuk menyehatkan kondisi finansial pribadi. Banyak orang berpikir bahwa THR adalah uang lebih yang diberikan dan bisa dihabiskan dalam sekejap. Sebaiknya kelola THR secara bijak, jangan dihabiskan tanpa sisa.

Baca juga : Cara Cerdas Mengatur Uang THR

Lalu, bagaimana mengelola THR yang tepat agar tidak terdorong menjadi impulsif dan konsumtif? Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang membatasi aktivitas di luar rumah saat Ramadan ini dan melarang mudik Lebaran. Pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Rencana Alokasi Dana

Apabila THR sudah Anda terima, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan alokasi THR. Buatlah susunan keperluan yang harus terpenuhi. Pastikan bahwa rencana alokasi dana THR itu bukan untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif seperti dihabiskan untuk membeli pakaian Lebaran.

Belanja Seperlunya

Bukan berarti uang THR tidak boleh digunakan untuk berbelanja. Ingat, catatannya adalah berbelanja sesuai kebutuhan bukan keinginan. Kendalikan keinginan untuk berbelanja berbagai kebutuhan yang tidak mendesak. Misalnya membeli smartphone baru atau elektronik terbaru.


Membayar Utang Mendesak

Utang harus dibayar. Terlebih bila bunga utang tersebut bakal semakin mahal dan bisa menjadi bencana keuangan bila tidak lekas Anda lunasi. Bila Anda menghadapi kondisi demikian, maka gunakanlah THR untuk melunasi utang mendesak tersebut. Apalagi Ramadan menjadi bulan yang sangat baik untuk memanfaatkan THR untuk melunasi utang.

Sisihkan untuk Tabungan dan Investasi

Mengelola pemanfaatan THR sama halnya dengan mengelola budget bulanan. Upayakan untuk menyisihkan minimal 10 persen dari THR untuk dana darurat. Jadi, misalnya THR Anda tahun ini mencapai Rp10 juta, sisihkan Rp1 juta untuk ditabung di pos dana darurat. Anda masih memiliki sisa Rp9 juta untuk pos lain yang sama penting.

Baca juga : Sudah Dapat THR Jangan Lupa Bayar Utang

Bila belum memiliki asuransi, Anda bisa memanfaatkan THR untuk melengkapi kebutuhan asuransi. Alokasikan pengeluaran untuk asuransi sekitar 10 persen dari pendapatan. Dengan begitu, pendapatan ekstra Anda memberi manfaat yang lebih lama.

Menambah Portofolio Investasi

Pendapatan ekstra berupa Tunjangan Hari Raya (THR) berarti kesempatan untuk bisa menambah portofolio investasi Anda. Bila selama ini Anda sudah memiliki beberapa rencana keuangan seperti dana pensiun, dana pendidikan anak sampai dana pembelian rumah, inilah saat yang tepat untuk menambah porsi investasi dengan uang THR.

Ada beberapa instrumen investasi dari dana THR yang dialokasikan seperti reksa dana, saham, dan dana pensiun. Seperti reksa dana punya keuntungan lebih dari sekadar tabungan. Imbal hasil dari reksa dana juga lebih besar. Apalagi sekarang investasi reksa dana sudah lebih mudah dan terjangkau.

Bagaimana memanfaatkan tunjangan hari raya secara optimal ketika Anda tidak merayakan mudik Lebaran seperti masa pandemi Covid-19 saat ini. Anda bisa memanfaatkan THR untuk hal-hal yang produktif dan bermanfaat bagi masa depan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
May 11, 2020, 3:51 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.