Yuk, Tetap Hemat Saat Bulan Ramadan

Yuk, Tetap Hemat Saat Bulan Ramadan

Bulan Ramadan sudah tiba. Seluruh umat Islam di seluruh dunia akan menjalankan ibadah berpuasa. Idealnya selama Ramadan, keuangan yang dimiliki seharusnya bisa memperketat pengeluaran karena banyak pos pengeluaran seperti makan siang menjadi hilang.

Namun, kenyataan kadang tidak seindah yang diharapkan. Biasanya selama Ramadan malah semakin banyak biaya yang harus pengeluaran. Sebut saja keperluan membeli makanan untuk berbuka puasa setiap hari dan membeli pakaian untuk berlebaran nanti. Belum lagi jika ada undangan untuk acara berbuka bersama, baik itu bersama keluarga atau teman-teman.

Kondisi seperti itu tentu akan membutuhak biaya ekstra yang di bulan lainnya tidak pernah ada. Namun, keinginan untuk tetap berhemat tetap bisa diwujudkan. Bagaimana caranya? Berikut beberapa kiat berhemat selama bulan puasa.

1. Membuat Menu Bulanan

Ada baiknya selama bulan Ramadan, Anda punya rencana untuk menu bulanan di rumah. Idenya bisa dari buku-buku resep masakan atau browsing diinternet. Carilah menu-menu masakan yang beragam dan bermanfaat untuk menjaga stamina selama berpuasanya.

Baca juga : Cara Cerdas Berbelanja di Bulan Ramadan

Ingat jangan hanya makanan berat saja, buatlah makanan ringan dan minuman untuk berbuka puasanya. Atur menu-menu tersebut setiap hari agar tidak menimbulkan rasa bosan. Tujuan semua itu adalah untuk menghemat pengeluaran harian untuk membeli makanan dan minuman berbuka puasa.

2. Memasak Sendiri

Menjaga pola makan dan minum yang sehat selama berpuasa menjadi keharusan. Maka disarankan agar Anda bisa memasak makanan sendiri. Selain sehat, Anda juga bisa sekaligus menghemat pengeluaran untuk membeli makanan dan minuman dari luar.


3. Menggabung Menu Berbuka dan Sahur

Cara lain untuk menghemat pengeluaran dengan menggabung menu makanan berbuka dan sahur. Jadi Anda tidak perlu membuang energi, waktu, dan uang untuk menambah jumlah menu harian di bulan Puasa. Anda bisa memasak menu berbuka puasa yang nantinya bisa digunakan lagi sebagai menu sahur. Selain hemat uang, Kamu juga menghemat waktu karena hanya cukup memanaskan hidangan buka puasa tadi.

4. Tentukan Prioritas Berbuka Bersama

Tidak bisa dipungkiri, selama Ramadan tentu banyak sekali ajakan berbuka puasa bersama (bukber), mulai dari keluarga, reuni teman sekolah, sabahat, dan teman kantor. Acara ini tentu membutuhkan biaya yang harus disiapkan dan nilainya bisa tidak terduga. Oleh karena itu, tentukan prioritas ajakan buka puasa di luar untuk membuat isi kantong Kamu terjaga.

5. Membawa Bekal Berbuka Puasa dari Rumah

Banyak orang yang tidak sempat berbuka puasa di rumah karena jam pulang kantor sangat mepet dengan waktu berbuka. Mau tidak mau, akhirnya berbuka puasa di jalan, dan itu dilakukan selama hari kerja di bulan Ramadan.

Baca juga : Trik Agar Anggaran Makan Bulanan Tidak Membengkak

Agar bisa berhemat, sebaiknya membawa bekal makanan untuk berbuka puasa dari rumah. Anda bisa membawa bekal buka puasa yang tahan lama, dan cemilan berbuka seperti kurma dan buah-buahan. Ini untuk mencegah Anda terus-terusan berbuka puasa di warung makan atau restoran.