SME Academy Talks Dorong Pelaku Usaha Tumbuh di Pandemi Covid-19

SME Academy Talks Dorong Pelaku Usaha Tumbuh di Pandemi Covid-19

Saat ini, seluruh dunia sedang dihadapkan pada situasi pandemi yang memberikan dampak terhadap perekonomian global, tentunya termasuk Indonesia. Berbagai kebijakan sebagai upaya flatten the curve virus corona (Covid-19) mulai diberlakukan seperti physical distancing, aturan untuk melakukan kegiatan bekerja, sekolah hingga ibadah dari rumah, dan kini pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) khususnya di DKI Jakarta terhitung sejak 10 April lalu.

Hal tersebut tentu memberikan dampak bagi para pelaku usaha mulai dari korporasi hingga Usaha Kecil dan Menengah (UKM), yang kemudian berdampak terhadap perekonomian negara. Sebagai salah satu kontributor Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di Indonesia, UKM memiliki andil dalam menentukan kondisi ekonomi Indonesia terlebih dalam situasi saat ini.

Baca juga : Bank DBS Beri Kemudahan Pencatatan Accurate Online untuk UKM

Melalui SME Academy, Bank DBS Indonesia berupaya untuk UKM juga wirausaha sosial agar tetap bisa tumbuh walaupun di tengah pandemic Covid-19. Sebelumnya SME Academy secara berkala diadakan untuk membantu pelaku usaha dalam membangun kemampuan dasar berbisnis yang akan mempercepat langkah inovasi, juga memperluas networking.

Namun mengingat situasi saat ini yang tidak memungkinkan, Bank DBS Indonesia tetap dapat memberikan pelatihan khusus bagi pelaku usaha untuk memberikan wawasan terbaru dalam meningkatkan bisnis dari para pakar bisnis.


Dengan memanfaatkan teknologi digital, SME Academy hadir dalam format Instagram Live. Pada format baru ini, SME Academy Talk menghadirkan pemiliki Men’s Republic Yasa Singgih. Yasa akan berbagi pengalaman terkait dengan bisnisnya, tindakan-tindakan yang diambil untuk menjalankan bisnis, seperti rencana aksi ideal untuk bertahan dalam situasi saat ini.

Selain Yasa, dalam SME Academy Talk juga menghadirkan Rudi Antoni, seorang profesional dan pelatih bisnis yang memiliki spesialisasi dalam kepemimpinan dan manajemen, penjualan dan pengembangan bisnis serta customer experience. Rudi berbagi mengenai cara agar bisnis dapat bertahan dalam situasi sulit seperti saat ini, menjelaskan tentang berbagai model bisnis yang dapat diterapkan pengusaha, dan memberikan referensi dan berbagai insight dari industri lain yang dapat diandalkan.

Baca juga : Apa Persiapan Jika Terjadi Ancaman Resesi Ekonomi 2020?

Mona Monika, Executive Director, Head of Marketing Communications PT Bank DBS Indonesia mengatakan, SME Academy Talks merupakan konsep baru dan pengembangan dari SME Academy yang sebelumnya sudah rutin dilakukan setiap bulannya. Dengan menjadikannya sebagai tayangan langsung melalui Instagram Live, Bank DBS Indonesia ingin dapat memberikan insight ke lebih banyak pelaku usaha untuk dapat bertahan di situasi yang sulit.

“Bank DBS Indonesia sebagai lembaga keuangan yang menjalankan praktis bisnis dan perbankan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, tidak hanya menyediakan layanan perbankan yang dapat mendukung para pelaku usaha, tetapi juga memberikan wawasan terkini yang mereka butuhkan dengan menghadirkan para pelaku bisnis dan pakar bisnis profesional melalui SME Academy Talks,” katanya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 17, 2020, 8:24 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.