Allianz Indonesia: Kebijakan Work From Home Tetap Produktif dan Efektif

Allianz Indonesia: Kebijakan Work From Home Tetap Produktif dan Efektif

Sejak ditemukan kasus positif Covid-19 di Indonesia dan telah dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO, pemerintah Indonesia mengimbau menerapkan physical distancing, dan terbaru adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dengan penerapan itu, maka masyarakat diimbau untuk melakukan aktivitas belajar, bekerja, dan beribadah di rumah.

Mengikuti imbauan pemerintah Allianz Indonesia mulai menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) sejak 16 Maret 2020. Meskipun menerapkan kebijakan WFH, Allianz Indonesia tetap memastikan agar bisnis operasional bisa tetap berjalan sehingga tidak mengganggu layanan terhadap nasabah dan mitra Bisnis Allianz Indonesia.

Baca juga : Allianz Life Perkenalkan Perlindungan Asuransi Jiwa Berjangka Menurun

Langkah yang dilakukan Allianz Indonesia berdasarkan tiga prinsip utama, meliputi memastikan keamanan dan melindungi kesehatan karyawan Allianz Indonesia, tetap memberikan layanan terbaik bagi mitra bisnis dan nasabah, dan terus berupaya mencapai target perusahaan yang telah ditentukan.

Transformasi digital yang telah dilakukan Allianz Indonesia sejak beberapa tahun lalu memungkinkan hampir 95 persen karyawan perusahaan saat ini bisa bekerja dari rumah sambil terus memberikan layanan terbaik bagi Nasabah maupun mitra bisnis.

Baca juga : Efektifkah Penerapan Work From Home?

Allianz Indonesia juga memastikan kemudahan akses ke beberapa saluran alternatif untuk memastikan agar kebutuhan nasabah dan mitra bisnis terpenuhi dengan baik, seperti melalui layanan AllianzCare dan layanan Allianz Digital Self-Service.

“Demi memberikan kenyamanan dan memastikan keselamatan nasabah dan juga para mitra bisnis, kami menyarankan mereka menggunakan digital self-service, seperti eAZy Connect, Allianz Discover, dan AZ-Net, untuk meminimalkan kontak fisik,” kata Joos Louwerier, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia.


Sejak diberlakukannya aturan bekerja di rumah, perusahaan melakukan beberapa upaya untuk memastikan agar karyawan bisa tetap terjaga kesehatan dan produktivitasnya di masa-masa sulit seperti ini. Perusahaan melakukan monitoring secara berkala melalui virtual check point di setiap divisi terkait kondisi kesehatan karyawan, dan dilaporkan langsung ke Chief Risk Officer serta tim manajemen.

Allianz terus berusaha menjaga komunikasi interaktif antar-karyawan, di antaranya dengan melakukan online meeting secara rutin untuk saling memberikan laporan dan perkembangan pekerjaan masing-masing serta menginisiasi program internal seperti NgobrAZ Online, di mana karyawan dapat berpartisipasi dan berdiskusi seputar topik yang sedang hangat. Allianz juga mengadakan Town Hall Virtual melalui live streaming untuk memberikan update mengenai kondisi dan kinerja perusahaan.

Baca juga : Allianz Discover, Solusi Memilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

Peter van Zyl, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia menjelaskan, Dalam transformasi digital, work from home merupakan hal yang sudah cukup banyak diadopsi oleh perusahaan-perusahaan, khususnya yang memiliki banyak karyawan dari generasi milenial.

“Bekerja di rumah dapat menjadi solusi bagi karyawan yang ingin mendapatkan work-life balance melalui fleksibilitas waktu dan tempat bekerja, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas dan juga penjualan,” jelasnya.

Baca juga : Penyebab Boros Saat Work From Home (WFH)

Bagi karyawan yang ingin mengisi waktu dan menambah pengetahuan juga bisa mengakses LinkedIn Learning yang difasilitasi Perusahaan. Melalui platform ini, karyawan dapat membangun keahlian pada berbagai topik, khususnya yang bisa mendukung dalam memberikan solusi bagi nasabah.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 14, 2020, 8:22 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.