BNI Syariah Catat Kenaikan Transaksi Mobile Banking Selama Covid-19

BNI Syariah Catat Kenaikan Transaksi Mobile Banking Selama Covid-19

BNI Syariah mencatat kenaikan transaksi menggunakan mobile banking pada Maret 2020 sebesar 86 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Kenaikan ini salah satunya dipengaruhi oleh tren transaksi yang sudah mulai beralih ke digital dan karena sosialisasi penggunaan layanan electronic channel selama masa pandemi Covid-19.

Selain itu, kenaikan transaksi ini juga didorong oleh kenaikan pembayaran zakat, infaq, shadaqah, dan wakaf (ZISWAF) melalui mobile banking. Per Maret 2020 transaksi ZISWAF mengalami kenaikan sebesar 22 persen secara tahunan.

Baca juga : BNI Syariah Beri Keringanan Angsuran Pembiayaan UMKM

Direktur Keuangan & Operasional BNI Syariah Wahyu Avianto mengatakan, ada lima fitur transaksi yang paling sering dipergunakan nasabah selama periode Februari-Maret 2020 di antaranya adalah transfer antar rekening BNI atau BNI Syariah, pembayaran melalui virtual account, transfer antarbank, top up saldo uang elektronik, dan pembelian pulsa prabayar.

“Dalam rangka meningkatkan penggunaan e-banking, BNI Syariah melakukan sosialisasi dan campaign kepada nasabah agar dapat memanfaatkan layanan BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking, dan BNI Internet Banking yang telah disediakan untuk memenuhi kebutuhan layanan transaksi perbankan nasabah,” kata Wahyu.


Adapun fasilitas yang diberikan di antaranya adalah top up uang elektronik seperti TapCash, LinkAja, GoPay, OVO, DANA, pembelian pulsa dan paket data, token listrik, pembayaran tagihan telepon dan TV berlangganan, transfer antar-BNI Syariah dan antar bank, pembayaran pelunasan biaya ibadah haji dan zakat, infaq dan shadaqah.

Selama masa antisipasi terkait pandemi virus corona atau Covid-19, BNI Syariah mengimbau pada nasabah menggunakan layanan e-banking. Salah satu upaya BNI Syariah dengan menawarkan berbagai promo menarik e-commerce. Hal ini untuk mendorong masyarakat tetap berada di rumah dan melakukan transaksi berbelanja dari rumah. BNI Syariah juga mengingatkan agar masyarakat membaca petunjuk keselamatan dan kehati-hatian dalam menerima paket e-commerce.

Baca juga : BNI Syariah Siap Salurkan Rp187,8 Miliar untuk KPR Sejahtera Syariah

Untuk mempermudah para calon jamaah melakukan pelunasan haji, BNI Syariah menyediakan opsi pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) melalui non-teller, yaitu melalui BNI Mobile Banking sehingga nasabah tidak perlu lagi datang ke cabang untuk registrasi dan aktivasi mobile banking.

Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) melalui non-teller ini dilakukan BNI Syariah guna mencegah penyebaran virus corona. Hal itu senada dengan keputusan Kementrian Agama untuk menutup sementara pelayanan pelunasan haji melalui teller.

Baca juga : Smart Shadaqah BNI Syariah Permudah Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Sampai 6 April 2020, dari 17.891 nasabah BNI Syariah yang melakukan pelunasan haji, sebanyak 7,7 persen melakukan melalui m-banking dan form online. Sampai akhir periode dua, diproyeksi sebanyak 10 persen nasabah BNI Syariah akan melakukan pelunasan haji melalui non-teller.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 9, 2020, 8:35 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.