LinkAja Resmi Menjadi Pembayaran Kartu Prakerja

LinkAja Resmi Menjadi Pembayaran Kartu Prakerja

Janji kampanye Presiden Joko Widodo soal Kartu Prakerja mulai terealisasi. Setidaknya, informasi tersebut bisa didapat dari laman prakerja.go.id, di mana beritahukan mengenai cara untuk mendaftar Kartu Prakerja yang dibuka sejak April 2020. Kartu Prakerja awalnya direncanakan akan diluncurkan pada Januari 2020, tetapi karena masalah implementasi teknis maka peluncurannya diundur hingga Maret 2020.

Kartu Prakerja adalah sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan. Kartu tersebut hanya dikhususkan bagi anak muda yang baru tamat SMA, SMK atau perguruan tinggi dan diberi tunjangan untuk biaya pelatihan kerja dalam jangka waktu 6-12 bulan.

Baca juga : Anggaran Rp20 Triliun untuk Program Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan satu Kartu untuk membantu mendapatkan pelatihan dan pembinaan persiapan masuk kerja. Di sini, kamu akan mendapatkan bantuan dana untuk pelatihan kerja hingga Rp7 juta. Kartu ini Didesain sebagai sebuah produk agar memberikan nilai bagi mereka yang ada pada usia Prakerja. Program ini juga mengatasi permasalahan skill gap, skill shortage, skill mismatch, dan job mismatch.

Realisasinya pun semakin bisa dipastikan karena LinkAja secara resmi mengumumkan sebagai mitra pembayaran resmi Kartu Prakerja. Apa saja yang Anda ketahui mengenai Kartu Prakerja ini? Berikut beberapa pertanyaan yang bisa mewakili keingintahuan Anda.

• Bagaimana cara mendapatkan Kartu Prakerja? Kartu Prakerja ini bisa kamu dapatkan dengan mendaftar resmi ke website prakerja.go.id yang segera dibuka, mengikuti proses seleksi yang diadakan secara daring dan hasilnya akan diumumkan melalui situs, memilih lembaga pelatihan vokasi yang disediakan, mengikuti pelatihan yang sudah dipilih sebelumnya.


• Apa manfaat dari penggunaan Kartu Prakerja ini? Mendapatkan dukungan pemerintah untuk pengembangan diri sekaligus memenuhi kebutuhan harian.

• Ke mana dana insentif akan disalurkan? Dana insentif untuk mendukung program Prakerja akan dikirimkan melalui LinkAja.

• Dana insentif bisa digunakan untuk apa saja di LinkAja? Kartu ini bisa digunakan untuk membeli pulsa dan paket data, belanja online di e-commerce (Tokopedia, BukaLapak, BLANJA.com), membeli token listrik atau bayar tagihan PLN, dan membayar BPJS, Pajak, PDAM, IndiHome, hingga SIM & STNK.

Insentif ini juga bisa dipakai sebagai alat pembayaran transportasi seperti Kereta Commuter, KAI Access, Gojek, dan layanan perbankan seperti transfer antar bank, pembayaran atau transfer ke rekening virtual, tarik tunai saldo LinkAja di ATM Bank Mandiri, BRI, dan BNI.

Baca juga : Daftar Bank dan Leasing yang Beri Keringanan Kredit

Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp20 triliun untuk kelangsungan program Kartu Prakerja ini. Pada 2020 ini, program Kartu Prakerja akan menyasar sekitar 5,6 juta peserta dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif yang diterima oleh masing-masing peserta sebesar Rp3.550.000.

Adapun rindiannya, manfaat Program Kartu Prakerja pada 2020, yakni sebesar Rp3.550.000 terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000 dan insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50.000 per survei untuk tiga kali survei per peserta.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 7, 2020, 10:15 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.