Penyebab Boros Saat Work From Home (WFH)

Penyebab Boros Saat Work From Home (WFH)

Sejak merebaknya pandemi Covid-19, aktivitas work rrom home (WFH) harus dijalankan sebagian besar orang. Sebagian orang memandang bekerja dari rumah atau WFH ini mendatangkan keuntungan. Dengan cara kerja ini, aktivitas kerja bisa dilakukan di rumah dengan suasana yang santai, bisa dilakukan sambil makan atau minum, dan tidak perlu menggunakan stelan pakaian kerja.

Namun dibalik keuntungan yang dirasakan itu, WFH bisa menyebabkan kerugian yang jarang disadari. Banyak orang justru merasa uang di ATM terasa cepat habis. Selama WFH, pengeluaran justru lebih besar dari hari-hari biasanya.

Baca juga : Efektifkah Penerapan Work From Home?

Kenapa begitu? Bisa saja ada pengeluaran yang tidak terkontrol selama bekerja di rumah. Pengeluaran yang biasanya tidak Anda lakukan. Apa saja penyebab boros saat WFH? Berikut ini terjadi beberapa di antaranya.

Kerja Mengandalkan Paket Data


Aktivitas work from home (WFH) akan lebih menguntungkan apabila Anda berlangganan WiFi di rumah. Proses kerja akan lebih cepat dan hemat karena biayanya dibayar per bulan. Namun berbeda bila Anda tidak berlangganan WiFi, otomatis cara kerja akan mengandalkan paket data. Kerja menggunakan paket data justru akan semakin boros karena saat WFH Anda harus terus bekerja.

Baca juga : Apa Risiko Ekonomi Bila Lockdown Diterapkan?

Jika sudah terlanjur dalam kondisi tersebut, Anda bisa menyiasati dengan membeli paket data unlimited yang kecepatannya memadai dan bisa mendukung penyelesaian pekerjaan. Kalau Anda sekeluarga memang selalu membutuhkan konektivitas internet, tidak ada salahnya merencanakan pemasangan WiFi supaya pengeluaran semakin hemat.

Pesan Makan Online


Penyebab lain pengeluaran boros selama WFH yang dilakukan banyak orang adalah terlalu sering memesan makanan secara online. Memang memasan makanan secara online ini praktis dan cepat. Anda tidak perlu repot-repot membeli bahan makanan dan memasak sendiri.

Baca juga : Selama Work From Home Tetap Bisa Pilih Rumah Impian yang Tepat

Coba Anda hitung, dalam sehari berapa kali Anda memesan makanan secara online dan berapa uang yang harus dikeluarkan untuk memesan makanan secara online ini? Semakin jauh jarak antara rumah dengan restoran atau tempat memesan makanan, semakin besar pula ongkos yang harus dikeluarkan. Hitung pengeluaran dalam sehari, kemudian kalikan berapa hari Anda melakukannya.

Belanja Online


Banyak godaan bekerja secara online di rumah. Salah satu godaannya adalah kecenderungan membuka situs-situs e-commerce menjadi lebih sering. Mungkin awalnya Anda hanya melihat-lihat, tetapi karena terlalu sering Anda bisa saja tergoda membeli.

Baca juga : Kenapa Social Distancing, Bukan Lockdown? Ini Jawabannya

Tidak salah belanja online jika sesekali. Namun, belanja online secara berlebihan dapat menjadi salah satu penyebab boros saat WFH. Apalagi kalau Anda belanja online bukan karena kebutuhan hanya menyalurkan hasrat belanja saja. Jika itu yang dilakukan, siap-siap Anda akan mengalami bencana keuangan.

Bekerja Tanpa Waktu


Kondisi ini masih erat kaitannya dengan penggunaan jaringan internet. Aktivitas work from home (WFH) bukan berarti Anda harus bekerja tanpa waktu. Prinsipnya, WFH hanya memindahkan lokasi kerja, dari kantor ke rumah. Secara sistem, batas waktu, dan cara kerja tetap sama.

Baca juga : Tidak WFH, Lindungi Diri dengan Asuransi Kecelakaan

Jadi, jaga ritme kerja selama WFH jangan sampai Anda bekerja tanpa waktu yang jelas selama berada di rumah. Kondisi ini bisa membuat kemungkinan besar tagian listrik akan membengkak atau token PLN jadi lebih cepat habis.

Nah, itulah beberapa penyebab boros yang banyak tidak saat bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Jangan sampai penyebab boros saat bekerja di rumah membuat pengeluaran makin membengkak. Pada masa pandemi Covid-19, Anda harus lebih cermat berhemat agar kondisi finansial senantiasa stabil.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 6, 2020, 8:29 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.