Kalbe dan Adaro Serahkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19

Kalbe dan Adaro Serahkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19

Penanganan wabah virus corona atau Covid-19 membutuhkan biaya yang sangat besar. Selain pemerintah, peran serta masyarakat terutama pebisnis sangat diperlukan untuk membantu pembiayaan penanganan Covid-19 ini. Bantuan biaya tersebut disa dimanfaatkan untuk kepeluan peralatan dan perlengkapan kesehatan.

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) dalam menangani wabah virus Corona (Covid-19) memberikan bantuan berupa obat-obatan, multivitamin, suplemen kesehatan, produk nutrisi, masker, APD bagi tenaga kesehatan, hand sanitizer dan alat kesehatan lainnya, serta melakukan pemeriksaan Covid-19 melalui jaringan laboratorium milik Kalbe.

Baca juga : Seluruh Biaya Pengobatan Pasien Virus Corona dan PIE Ditanggung Negara

Jumlah anggaran yang sudah disiapkan untuk bantuan tersebut senilai Rp25 milyar yang telah dilakukan secara bertahap sejak minggu lalu, di antaranya kepada berbagai institusi kesehatan di masyarakat seperti rumah sakit (RS), Lembaga Penelitian Eijkman, berbagai kantor dan komunitas-komunitas masyarakat. Bantuan kesehatan lainnya juga diberikan secara langsung atau melalui Kementerian Kesehatan, Badan POM dan Pemerintah Daerah.

“Kami siap mendukung pemerintah Indonesia dalam mengatasi wabah Covid-19. Bantuan akan diberikan terus secara bertahap melalui instansi pemerintah dan bantuan langsung kepada berbagai komunitas masyakarat yang membutuhkan,” kata Vidjongtius, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk.

Baca juga : Alasan BPJS Kesehatan Tidak Tanggung Pasien Virus Corona

Bantuan berupa obat-obatan, multivitamin (Starmuno, Elanos, Bejo Jahe Merah, Xonce, Fatigon, H2 Cordicept, dan lainnya) serta hand sanitizer E-Care telah disalurkan ke beberapa rumah sakit antara lain RSPAD Jakarta, RSPI Sulianti Saroso, RS Persahabatan Jakarta, dan melalui Dinas Kesehatan Pemprov DKI yang akan disalurkan ke RSUD Tarakan, RSUD Duren Sawit, RSUD Cengkareng dan RSUD Pasar Minggu.


Kalbe juga sedang menyiapkan 1.000.000 masker, alat pelindung diri (APD), Rapid Test Kits dan 500.000 produk nutrisi untuk tenaga kesehatan. Selain itu, Kalbe juga sedang menyiapkan laboratorium untuk masuk ke jejaring laboratorium yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan dalam pemeriksaan virus Covid-19 dengan metode PCR. Melalui KlikDokter, Kalbe juga menyiapkan layanan konsultasi gratis terkait virus Corona serta menyediakan layanan fitur pemeriksaan mandiri Covid-19.

Sementara itu, PT Adaro Energy Tbk (Adaro) juga menyerahkan bantuan senilai total Rp20 Miliar melalui kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Koordinator Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19). Penyerahan bantuan dilakukan oleh Presiden Direktur Adaro Garibaldi Thohir dan perwakilan pemegang saham Adaro yaitu Michael William P. Soeryadjaya, Aminuddin Nurdin dan Arditya Irawan kepada Doni Monardo - Kepala BNPB.

Baca juga : Apa Risiko Ekonomi Bila Lockdown Diterapkan?

Presiden Direktur Adaro Garibaldi Thohir mengatakan Adaro siap menggunakan sumber daya yang kami miliki untuk bersinergi dengan pemerintah dalam penanganan virus corona (Covid-19) di Indonesia. “Dalam kondisi seperti ini kita harus bersama-sama, bersinergi dengan semua pihak sehingga dapat mengatasi dan mempercepat penanggulangan Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyampaikan, bantuan dari Adaro sebesar Rp20 miliar, sekitar Rp15 miliar dana sumbangan Adaro itu akan dimanfaatkan dan dimaksimalkan untuk pahlawan tenaga medis, yaitu para dokter, perawat hingga anggota TNI yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19 ini.

“Selanjutnya dari bantuan Adaro tersebut, sekitar Rp 5 miliar akan dialokasikan untuk penyediaan mobil khusus yang akan membantu mobilisasi para pasien atau masyarakat yang terpapar Covid-19,” tambah Doni Monardo.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 24, 2020, 10:56 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.