GN Lingkaran, Program Asuransi bagi Debitur KUR Bank Mandiri

GN Lingkaran, Program Asuransi bagi Debitur KUR Bank Mandiri

Bank Mandiri bersama BPJS Ketenagakerjaan menyiapkan asuransi perlindungan bagi debitur KUR Bank Mandiri melalui program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran). Asuransi perlindungan ini diberikan bagi debitur KUR terutama pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) seperti wirausahwan, seniman, maupun pekerja informal lainnya.

Melalui program ini, Bank Mandiri membayarkan iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk periode tiga bulan yang meliputi jaminan sosial perlindungan kecelakaan kerja dan perlindungan kematian. Program GN Lingkaran ini sejalan dengan amanat UU No.40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Baca juga : Kilas Balik Sejarah 21 Tahun Berdirinya Bank Mandiri

“Seluruh nasabah KUR harus mendapatkan perlindungan ketenagakerjaan, karena sebagian besar penyebab kredit bermasalah untuk segmen KUR adalah karena nasabah KUR mengalami sakit atau kecelakaan kerja, sehingga selanjutnya tidak mampu menjalankan bisnis dengan baik,” kata Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Donsuwan Simatupang.

Pada 2019, Bank Mandiri telah menyalurkan Rp5 miliar untuk membiayai program GN Lingkaran bagi 99.207 debitur KUR ritel perseroan. Di tahun yang sama pula, Bank Mandiri juga telah menyalurkan KUR sebesar Rp25 triliun kepada lebih dari 310.000 debitur. Sementara pada 2020 ini, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR Rp4,66 triliun pada dua bulan pertama 2020, atau 15,5 persen dari target tahun ini yang sebesar Rp30,06 triliun.


Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan E. Ilyas Lubis mengapresiasi langkah Bank Mandiri yang peduli terhadap keselamatan dan kesejahteraan para pekerja rentan di Indonesia. Melalui program GN LIngkaran, seluruh pekerja rentan tersebut akan terlindungi oleh program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) selama tiga bulan

“Selanjutnya diharapkan mereka dapat melanjutkan iurannya secara mandiri sehingga dapat terus terlindungi dari segala risiko kecelakaan kerja maupun sosial ekonomi yang bisa terjadi kapan saja,” ucap E. Ilyas saat menyerahkan donasi program GN Lingkaran di Jakarta.

Baca juga : Alasan BPJS Kesehatan Tidak Tanggung Pasien Virus Corona

Ilyas menyatakan, banyak institusi dan masyarakat yang sangat antusias dengan adanya GN Lingkaran. Hal ini dibuktikan dengan jumlah donasi iuran GN Lingkaran yang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada 2019 terkumpul donasi sebesar Rp12 miliar yang disalurkan kepada 255 ribu pekerja rentan di seluruh Indonesia.

“Sinergi antara BP JAMSOSTEK dengan Bank Mandiri sudah berjalan dengan baik, namun saya berharap ke depannya kerja sama ini dapat terus berkembang dan menciptakan beragam manfaat tambahan khususnya bagi peserta BP JAMSOSTEK dan nasabah Bank Mandiri,” tutup Ilyas.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 17, 2020, 8:06 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.