Lunasi Gagal Bayar Polis, Jiwasraya Jual Aset Citos

Lunasi Gagal Bayar Polis, Jiwasraya Jual Aset Citos

Kasus Jiwasraya memasuki babak baru, di mana Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akhirnya merilis investigasi mengenai kerugian negara. Dalam rilis BPK disebutkan kerugian dari PT Asuransi Jiwasraya mencapai Rp16,8 triliun.

Kerugian sebesar itu disebabkan karena kesalahan dalam mengelola investasi saham dan reksa dana. Namun, secara keseluruhan kerugian terbesar ada pada instrumen investasi reksa dana yang mencapai Rp12,16 triliun. Sedangkan kerugian dari instrumen saham sebesar Rp4,65 triliun.

Baca juga : Ini Sebab Gagal Bayar Polis Asuransi Jiwasraya

Selain adanya kerugian negara, Jiwasraya juga punya kewajiban yang harus dibayarkan kepada para nasabahnya. Dengan adanya ketidakmampuan membayar polis nasabahnya, akhirnya Jiwasraya mengambil opsi untuk menjual bebepa aset yang dimilikinya. Salah satu aset yang memiliki prospek dijual adalah Cilandak Town Square (Citos) yang berlokasi di Jalan TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan.

Opsi menjual aset ini karena Jiwasraya membutuhkan dana segar untuk membayar utang klaim jatuh tempo yang mencapai Rp16 triliun. Namun ternyata, penjualan aset Citos ini masih belum mencukupi buat Jiwasraya untuk melunasi utang klaim tersebut. Pasalnya, harga jual Citos hanya sekitar Rp2 triliun sampai Rp3 trilun saja.


Gagal bayar polis perusahaan asuransi milik BUMN ini mulai terungkap pada 2019. Tepatnya, saat Direktur Utama PT Jiwasraya (Persero) Hexana Tri Sasongko menyatakan bawah Jiwasraya tidak memiliki kesanggupan untuk membayar polis yang jatuh tempo pada 2019.

Saat itu, nilai polis yang jatuh pada Oktober hingga November 2019 mencapai Rp 12,4 triliun. Sementara total tunggakan yang harus dibayarkan sebesar Rp16,3 triliun. Kondisi itu diperparah karena tenyata PT Asuransi Jiwasraya tidak memiliki dana segar untuk membayar polis jatuh tempo tersebut. Hingga September 2019 perusahaan masih mengantongi kerugian sebesar Rp23 triliun.

Baca juga : Mahkamah Agung Batalkan Perpres Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Kasus gagal bayar Asuransi Jiwasraya ini disebabkan karena perusahaan banyak melakukan investasi pada aset dengan risiko yang tinggi. Salah satunya penempatan 22,4 persen saham atau setara nilainya Rp5,7 triliun dari aset finansial. Sayangnya, sebanyak 2 persen saham ditempatkan pada perusahaan yang punya kinerja bagus. Sementara 98 persennya di tempat pada saham yang kinerja perusahaan buruk atau saham “gorengan”.

Sekilas Cilandak Town Square (Citos)


Cilandak Town Square atau yang lebh dikenal dengan nama Citos merupakan salah satu pusat perbelanjaan dan hiburan yang berada di Jalan TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan yang dibangun pada pertengahan 2002. Citos terdiri dari dua lantai yang diisi oleh berbagai tenan mulai dari department store, restoran, butik, dan dilengkapi dengan fasilitas hiburan dan olahraga.

Baca juga : Alasan BPJS Kesehatan Tidak Tanggung Pasien Virus Corona

Sejak diresmikan, Citos menjadi salah satu tempat yang cukup ramai dikunjungi. Hal ini dikarenakan pusat hiburan ini berada dekat dengan pusat perkantoran di Jakarta Selatan. Bahkan saat weekend, Citos selalu menyelenggarakan event-event khusus untuk kalangan tertentu.

Restoran di CITOS alias Cilandak Town Square menjadi salah satu tujuan favorit para pecinta kuliner yang tinggal di kawasan Jakarta Selatan. Selain karena lokasi yang strategis, suasananya yang nyaman membuat Citos menjadi tempat nongkrong anak muda.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 11, 2020, 2:53 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.