Terkait Virus Corona, Allianz Indonesia Imbau Periksa Isi Polis Asuransi

Terkait Virus Corona, Allianz Indonesia Imbau Periksa Isi Polis Asuransi

Sejak merebaknya penyebaran kasus virus corona, Allianz Indonesia telah langsung mengeluarkan himbauan yang ditujukan bagi para nasabah Allianz baik pemegang polis asuransi perjalanan maupun pemegang polis asuransi kesehatan untuk mempelajari polis yang dimilikinya agar mengetahui syarat, ketentuan, batasan dan pengecualian yang berlaku.

Perlu diingat bahwa perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi akan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam polis yang dimiliki oleh nasabah, sehingga penting bagi nasabah untuk memahami isi polis, terutama untuk kondisi epidemi. Untuk itu, Allianz Indonesia berupaya selalu informasi penting dan layanan terbaik untuk membantu dan melindungi nasabah.

Asuransi Perjalanan

Dalam hal asuransi perjalanan, apabila nasabah Allianz akan atau sedang melakukan perjalanan ke lokasi tanpa imbauan atau larangan perjalanan resmi dari pemerintah Indonesia, dikarenakan situasi virus corona nasabah tidak ingin melanjutkan perjalanan, kondisi pembatalan maupun perubahan perjalanan akan mengacu kepada syarat, ketentuan dan pengecualian Polis.

Perlindungan lain seperti kepulangan lebih awal ataupun gangguan perjalanan juga mengacu pada kondisi polis asuransi perjalanan yang nasabah miliki. Dalam hal risiko terkait medis, apabila nasabah terinfeksi virus corona pada saat sedang melakukan perjalanan ke lokasi yang tidak termasuk dalam lokasi dengan imbauan dan larangan perjalanan dari pemerintah Indonesia, maka kondisi itu masuk dalam jaminan yang Allianz berikan.

Baca juga : Apakah Penderita Virus Corona Dijamin Asuransi Kesehatan? Ini Penjelasannya

Namun, apabila nasabah Allianz sudah memulai perjalanan ke lokasi, di mana pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan imbauan atau larangan perjalanan resmi, sebelum imbauan dan larangan ini dikeluarkan, dan nasabah Allianz terdampak oleh kejadian virus corona, maka Allianz menganjurkan nasabah Allianz untuk segera menghubungi agen atau penyedia perjalanan demi mencari opsi terbaik untuk mengubah agenda perjalanan yang telah direncanakan sebelumnya.

Apabila nasabah Allianz mengalami penundaan perjalanan atau dalam hal perjalanan nasabah Allianz terganggu lebih dari 24 jam akibat penutupan airport yang merupakan dampak dari kondisi virus corona, maka nasabah dapat mengajukan klaim atas kejadian tersebut dengan menghubungi Allianz Call Center untuk melaporkan klaim.


Untuk penggantian nilai klaim, Allianz akan mengacu kepada batasan, ketentuan dan pengecualian yang tertera pada Sertifikat Asuransi dan Polis Asuransi Perjalanan. Pastikan nasabah menyimpan semua tanda terima dan bukti yang relevan untuk dilampirkan ketika mengajukan klaim.

Apabila nasabah Allianz belum melakukan perjalanan ke lokasi, di mana pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan imbauan atau larangan perjalanan resmi, dan nasabah telah melakukan pembayaran penuh untuk pemesanan perjalanan, memiliki polis asuransi perjalanan, dan agenda perjalanan tersebut dibatalkan, ditunda atau dijadwalkan ulang sebagai dampak dari virus corona, maka nasabah dapat mengajukan klaim atas pembatalan atau perubahan agenda perjalanan sesuai dengan kondisi Polis Asuransi Perjalanan yang nasabah miliki.

Allianz Indonesia juga menganjurkan nasabah untuk menghubungi agen atau penyedia perjalanan yang telah dipesan sebelumnya demi mencari opsi terbaik untuk mengubah agenda perjalanan nasabah. Beberapa penyedia perjalanan mungkin memiliki opsi bebas penalti untuk mengubah agenda perjalanan nasabah.

Untuk informasi selengkapnya, silakan hubungi penyedia perjalanan masing-masing nasabah. Hubungi Pusat Panggilan Allianz Care di 1500136 untuk informasi lebih lanjut seputar hak-hak polis nasabah.

Baca juga : Mengenal Jenis dan Manfaat Asuransi Kesehatan

Penting untuk diperhatikan, bagi nasabah Allianz yang membuat polis asuransi setelah pukul 13.00 WIB 28 Januari 2020 dengan negara tujuan yang mendapatkan imbauan dan larangan perjalanan resmi dari Pemerintah Indonesia, kami menganggap nasabah telah mengetahui adanya virus corona dan kemungkinan timbulnya masalah yang dapat mempengaruhi perjalanan nasabah.

Untuk polis ini, klaim yang timbul akibat merebaknya virus corona, contohnya penundaan perjalanan, pembatalan dan perubahan agenda perjalanan, atau biaya medis akan menyesuaikan dengan kondisi polis atau batasan sebagaimana diatur dalam ketentuan polis nasabah.


Pertanggungan dan manfaat polis bervariasi sesuai keadaan masing-masing individu. Allianz menganjurkan siapa saja yang melakukan perjalanan untuk membaca ketentuan polis asuransi perjalanan guna mengetahui pertanggungan yang diberikan serta batasan dan pengecualian yang berlaku.

Simpan semua tanda terima atas biaya perjalanan, akomodasi, dan medis tambahan yang dikeluarkan oleh nasabah. Jika nasabah mengajukan klaim atas biaya pembatalan atau biaya tambahan, nasabah harus melampirkan dokumen yang membuktikan agenda perjalanan awal yang telah dibayar sebelumnya. Sertakan pula semua tanda terima, dokumen agenda perjalanan baru nasabah, dan pernyataan dari penyedia perjalanan mengenai biaya perjalanan mana yang tidak dapat dikembalikan.

Asuransi Kesehatan

Dalam asuransi kesehatan, Allianz Indonesia menyediakan perlindungan kesehatan yang mencakup biaya perawatan di rumah sakit bagi nasabah yang memiliki asuransi kesehatan dan harus menjalani perawatan, termasuk akibat virus corona. Allianz juga memberikan fasilitas evakuasi medis bagi nasabah yang membutuhkan.

Baca juga : Hai Wanita, Lindungi Dirimu dengan Asuransi Kesehatan

Apabila virus corona menyebabkan suatu kondisi atau penyakit kritis yang termasuk ke dalam cakupan polis, maka Allianz akan memberikan manfaat sesuai dengan yang tercantum di dalam polis, termasuk menanggung biaya pengobatan di luar negeri. Sehingga, nasabah harus memastikan jenis dan cakupan perlindungan produk asuransi yang dibelinya.

Produk asuransi kesehatan yang dimiliki oleh Allianz ada yang perlindungannya khusus domestik dan ada juga plan yang menjangkau internasional. Kalau nasabah membeli plan yang cakupan perlindungannya internasional dan mengalami sakit pada saat melakukan perjalanan keluar negeri, maka akan di-cover sesuai dengan ketentuan yang tercantum di polis.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 24, 2020, 10:03 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.