Digitalisasi Bank BTN Memudahkan Generasi Milenial Miliki Rumah

Digitalisasi Bank BTN Memudahkan Generasi Milenial Miliki Rumah

Sandang, pangan, dan papan. Tiga kata itu yang kerap disebut untuk menyiratkan kebutuhan dasar manusia yang harus terpenuhi. Bukan tanpa alasan kata-kata itu muncul. Salah satu yang semakin sulit untuk terpenuhi adalah kemampuan memiliki papan atau rumah. Harga rumah setiap tahunnya akan naik. semakin lama menunda kepemilikan rumah maka penghasilan yang diperoleh semakin tidak cukup untuk membeli rumah.

Beberapa tahun lalu, muncul hasil riset yang menyatakan bahwa generasi milenial akan sulit punya kemampuan untuk memiliki rumah. Hal itu didasarkan pada ciri khas generasi ini, di mana lebih dari 50 persen pengeluaran keluarga milenial adalah untuk keperluan konsumsi. Meskipun sudah memulai menabung, tetapi belum banyak milenial yang menginvestasikan dananya untuk membeli rumah.

Baca juga : Harga Rumah Menengah Paling Diminati Kalangan Milenial

Benarkah demikian? Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), ada 81 juta generasi milenial yang belum memiliki rumah. Itu artinya, ada sekitar 31 persen dari jumlah populasi penduduk di Indonesia. Padahal, kaum millenial termasuk pasar properti yang besar.

Namun pada kenyataannya, berdasarkan data Indonesia Property Wacth (IPW), minat milenial untuk memiliki rumah dalam lima tahun terakhir menunjukkan peningkatan. Sejak 2014-2018, pembelian rumah tapak oleh kaum milenial mengalami peningkatan sampai 10 persen. Pangsa terbesar milenial yang ada direntang usia 26-36 tahun.

Baca juga : Survei Bank Indonesia: Optimisme Konsumen Desember 2019 Menguat

“Dari data, yang mendominasi  untuk rumah tapak ukuran 22-70 meter persegi ada di rentang usia 26-35 tahun. Itu terus meningkat dibanding generasi di atasnya (di atas 35 tahun),” kata CEO IPW Ali Tranghanda, dalam paparan Jakarta Eastern Corridor Market Highlight 2020 di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan (13/1/2020).

Digitalisasi Bank BTN

Perbankan menyadari bahwa generasi milenial menjadi pangsa pasar yang sangat potensial untuk pembiayaan kepemilikian rumah. Salah satu bank plat merah yang melihat potensi itu adalah Bank BTN. Bahkan di awal tahun ini, BTN menyiapkan langkah strategi khusus untuk menarik milenial agar punya akses kemudahan memiliki rumah sekaligus menjadi tempat kalangan muda untuk menyimpan dana.


Ada lima strategi yang disiapkan Bank BTN untuk mewujudkan mencapai target tersebut. Salah satunya adalah upaya memberi kemudahan milenial dengan meningkatkan akses digital. Strategi ini menjadi penting mengingat karakter milenial yang menginginkan segala sesuatunya serba praktis. “Kami membidik para milenial untuk dapat menjadikan Bank BTN sebagai rumah dalam bertransaksi maupun memiliki hunian,” kata Direktur Utama Bank BTN Pahala N. Mansyuri.

Apa inovasi digital yang bisa menarik generasi milenial untuk memiliki rumah? Bank BTN memberikan solusi dengan menghadirkan fitur aplikasi BTN Properti Mobile. Dengan fitur yang dilengkapi 4D Tour Services ini, penggunanya bisa melihat unit rumah secara detail tanpa harus meninjau lokasi. Fitur lain yang bisa dimanfaatkan oleh generasi milenial adalah tracking pengajuan kredit secara real time sehingga dapat mengetahui status permohonan kredit.

Baca juga : Tiga Alasan Anak Muda Jakarta Lebih Suka Menyewa Apartemen

Bank BTN juga menawarkan fasilitas booking atau fee payment melalui e-channel lewat aplikasi ini. Melalui aplikasi tersebut, pengguna juga dapat melihat kondisi fasilitas umum di sekitar unit rumah. Menariknya, Bank BTN juga kembali me-relaunching Program KPR Gaeesss For Millenials yang dapat diakses lewat aplikasi BTN Properti Mobile.

KPR Gaeesss For Millenials merupakan kredit untuk pemilikan hunian bagi kaum milenial berusia 21-35 tahun. Untuk KPR ini, Bank BTN memberikan berbagai tawaran menarik di antaranya bebas biaya admin, suku bunga single digit, diskon provisi 50 persen, dan jangka waktu kredit hingga 30 tahun. Bank BTN juga tidak mengikat para debitur dengan membebaskan mereka dari pengendapan dana.

Baca juga : BNI Syariah dan Bank BTN Siapkan Dana Menjelang Libur Akhir Tahun

Diakui Pahala, program KPR ini dihadirkan kembali dengan tampilan baru yang sesuai dengan karakteristik kaum milenial yang ingin mendapat kemudahan akses dan cicilan yang yang lebih terjangkau. “KPR Gaeesss For Millenials ini pun bisa dinikmati tidak hanya di ibu kota, tetapi juga di seluruh Indonesia,” terang Pahala.

Sejak pertama kali ditawarkan pada Oktober 2018 hingga November 2019, Program KPR Gaeesss For Millenials mampu menyalurkan pembiayaan senilai Rp9,3 triliun. Nilai itu dapat dikatakan setara dengan 27.593 unit rumah bagi kalangan milenial. Harapannya, relaunching Program KPR Gaeesss For Millenials ini dapat meningkatkan penyaluran KPR menjadi Rp11 triliun.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 17, 2020, 5:05 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.