Terapkan TOSKA, Bank DKI Siap Tingkatkan Pendapatan Pajak Jakarta

Terapkan TOSKA, Bank DKI Siap Tingkatkan Pendapatan Pajak Jakarta

Bank DKI dan Cartenz Group melakukan penandatanganan kerja sama untuk mendorong transparansi pengelolaan sektor pajak Pemerintah Daerah DKI Jakarta dengan menerapkan teknologi Tax Online System untuk Jakarta (TOSKA). Aplikasi TOSKA ini diharapkan dapat mengoptimalisasi pendapatan daerah melalui sektor pajak di Jakarta dan meningkatkan efisiensi pelaporan Wajib Pajak bidang perhotelan, restoran, dan hiburan.

CEO Cartenz Group Gito Wahyudi menyatakan, pajak memiliki peranan vital bagi sebuah negara dan untuk itu diperlukan pengawasan ketat dalam proses pelaksanaannya untuk meminimalisir penggelapan pajak. Oleh sebab itu dibutuhkan modernisasi sistem perpajakan agar pemerintah dapat memantau dan pada saat bersamaan mendapatkan hasil yang ingin dicapai.

Baca juga : Punya NPWP Tapi Tidak Bayar Pajak, Apa Sanksinya?

“Cartenz Group siap mengambil peran di dalam membawa Indonesia menjadi negara yang memiliki tata kelola pemerintahan yang transparan dan efisien bagi banyak aspek kehidupan melalui berbagai solusi e-government,” ujar Gito dalam konferensi pers di Kantor Cartenz Group, AIA Center Jakarta (14/2/2020).

Untuk mencapai hal tersebut tentunya harus melalui sinergi dari berbagai pihak dan pemanfaatan teknologi secara strategis memiliki peranan sangat penting. Dengan sinergi hari ini diharapkan dapat semakin mempermudah proses pelaporan pajak serta meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pajak.

Baca juga : Ini Batas Minimum Gaji yang Terkena Pajak

Setiap wajib pajak akan mengadaptasi TOSKA dimana setiap wajib pajak tersebut akan dilengkapi dengan solusi lengkap EFDs. Seluruh data transaksi akan terekam secara akurat dan data akan dikirimkan ke Bapenda. Bank akan mengambil data transaksi wajib pajak yang telah dikonfirmasi oleh wajib pajak kemudian dijadikan ketetapan SPTPD. Setiap bulannya wajib pajak dapat melihat berapa besar pajak yang harus mereka bayarkan dengan mengakses www.btoska.bankdki.co.id.


Direktur Kredit UMK & Usaha Syariah, Bank DKI Babay Parid Wazdi menuturkan, kerja sama ini akan menjadi titik baru bagi sistem perpajakan online khususnya di wilayah DKI Jakarta. Sistem pajak ini akan mendukung Pemprov DKI Jakarta dalam meningkatkan layanan penerimaan pajak daerah.

“Kami telah siap untuk mengimplementasikan TOSKA yang akan memudahkan para pebisnis membayarkan pajak secara online, sekaligus mendukung tujuan pemerintah menuju transparansi dan efektivitas pengawasan kepatuhan wajib pajak,” ucap Babay.

Sementara itu, Product Manager Cartenz Group Bernardus Hananto menerangkan, implementasi sistem TOSKA ini memiliki landasan yang kuat. Hal itu sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 98 Tahun 2019 tentang Pelaporan Data Transaksi Usaha Wajib Pajak Secara Elektronik, TOSKA menjadi sebuah alat atau sistem informasi yang menghubungkan antara sistem informasi transaksi usaha wajib pajak dengan sistem informasi pajak daerah.

Baca juga : Pajak Penghasilan Atas Dividen Saham

Dalam penerapannya, TOSKA sebenarnya sudah pakai oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2010. Sejalan dengan waktu perlu improvement dan sesuai dengan arahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus diimplementasikan secara menyeluruh.

“Oleh sebab itu, Bank DKI men-support Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menciptakan pengelolaan daerah yang transparan. TOSKA juga menjadi program atau arahan dari KPK, yaitu Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) dalam area optimalisasi pendapatan daerah,” terang Bernardus.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 14, 2020, 6:10 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.