Layanan Remitansi Perbankan Syariah untuk Pekerja Migran di Jepang

Layanan Remitansi Perbankan Syariah untuk Pekerja Migran di Jepang

BNI Syariah melakukan penandatanganan kerja sama dengan Unidos Co.,Ltd (KYODAI Remittance) untuk memberi kemudahan para pekerja migran asal Indonesia di Jepang. Kerja sama ini terkait kemudahan dalam pengiriman uang atau remitansi. Selain dengan KYODAI Remittance, BNI Syariah juga melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan SOLINDO, asosiasi lembaga pelatihan kerja (sending organization) untuk tenaga kerja migran yang akan berangkat ke Jepang.

Kerja sama dengan perusahaan dan asosiasi ini merupakan langkah untuk menunjang pengembangan bisnis internasional khususnya remitansi dengan memberikan layanan perbankan syariah terbaik bagi tenaga kerja migran Indonesia di Jepang. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan bisnis internasional baik dari sisi volume transaksi maupun fee based income.

Baca juga : Remitansi, Kirim Uang ke Luar Negeri tanpa Ngeri

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo mengatakan, kerja sama ini selaras upaya untuk mencapai target pertumbuhan transaksi remitansi, beberapa strategi telah diterapkan salah satunya kerja sama dengan perusahaan remitansi internasional khususnya untuk layanan Incoming Transfer. Sehingga pekerja migran Indonesia di Jepang dapat melakukan pengiriman uang yang lebih cepat, mudah dan efisien.

“Hal ini selaras dengan tema strategis embracing new opportunities, di mana BNI Syariah siap meraih peluang-peluang baru untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis serta menjadi partner yang lebih baik,” kata Abdullah usai penandatangan kerja sama di Kantor Pusat BNI Syariah, Gedung Tempo Pavilion 1, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Saat ini terdapat sekitar 56.000 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Jepang dan mayoritas merupakan pelanggan dari KYODAI Remittance. Mulai 2020 melalui program kerja sama pemerintah Indonesia dengan Jepang, ada sebanyak 20.000 specified skill worker akan diberangkatkan ke Jepang sehingga bisnis remitansi memiliki potensi yang besar dan masih terus berkembang.


Adanya kemitraan dengan KYODAI Remittance dan SOLINDO, diharapkan BNI Syariah dapat menjadi one stop service solution bagi para migran Indonesia. Layanan yang diberikan BNI Syariah di antaranya pembukaan rekening serta kebutuhan pembiayaan pelatihan (BNI Multiguna iB Hasanah) sebelum berangkat, hingga layanan remitansi untuk memfasilitasi para migran yang sudah berangkat ke Jepang.

Produk-produk lainnya yang dapat dimanfaatkan di antaranya Tabungan Haji dan Umrah BNI Baitullah iB Hasanah dan pembiayaan kepemilikan rumah maupun kendaraan. Dengan berbagai layanan tersebut, BNI Syariah berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi para migran Indonesia di Jepang untuk mendapatkan layanan keuangan syariah yang terbaik dan mewujudkan Hasanah Global Banking Partner.

Baca juga : BNI Syariah Targetkan Pembukaan Rekening Online pada Akhir 2019

Dalam rangka meningkatkan bisnis remitansi di tahun 2020, BNI Syariah melakukan perluasan organisasi dengan membentuk unit baru remittance business. BNI Syariah akan terus melakukan berbagai kerja sama dengan perusahaan remittance internasional dan berencana menempatkan remittance representative untuk meningkatkan transaksi incoming dari berbagai pekerja migran Indonesia yang bekerja di luar negeri khususnya Malaysia, Jepang, Hongkong, Taiwan serta Arab Saudi.

Selain bisnis remitansi, BNI Syariah juga memiliki produk-produk internasional trade finance di antaranya Letter of Credit (L/C), SKBDN, Bank Guarantee & Stanby L/C, BNI Pembiayaan Anjak Piutang iB Hasanah, dan BNI Pembiayaan Anjak Hutang iB Hasanah. 

Sebagai gambaran, KYODAI Remittance merupakan perusahaan remitansi asal Tokyo Jepang dengan jaringan kantor remitansi yang tersebar di Tokyo, Osaka, Kanagawa, Fukuoka, Okinawa dan kota besar lainnya serta didukung oleh 27.000 gerai ATM Japan Post Bank. Dengan jaringan ini, para pekerja migran Indonesia dapat melakukan transaksi lebih mudah, dimanapun dan kapanpun dengan biaya yang lebih murah.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 13, 2020, 3:01 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.