Cara Menghemat Keuangan Menjelang Hari Valentine

Cara Menghemat Keuangan Menjelang Hari Valentine

Setiap tanggal 14 Februari identik dengan perayaan Hari Valentine. Pada tanggal itu, sebagian orang merayakan dengan mengungkapkan kasih sayangnya kepada orang terkasih. Perasaan itu diungkapkan dengan berbagai bentuk. Ada yang memberi bunga, cokelat, dan hadiah yang diidamkan oleh pasangannya.

Bagi Anda yang merayakan hari kasih sayang ini, pasti sudah memikirkan kado atau hadiah apa yang akan diberikan. Ingat, mengungkapkan kasih sayang tidak harus memberi hadiah yang mahal. Jangan sampai saat merayakan Hari Valentine justru merusak pola keuangan Anda.

Baca juga : Belajar Cara Mengatur Keuangan ala Orang Tiongkok

Sebenarnya, merayakan Valentine ini bisa dilakukan dengan cara yang hemat. Bagaimana caranya? Ini beberapa cara menghemat keuangan dalam merayakan Hari Valentine.

1. Tawaran Diskon E-Commerce

Hari Valentine menjadi salah satu momen e-commerce untuk menarik banyak pelanggan dan meningkatkat angka penjualan. Berbagai promo seperti cashback, diskon, hingga layanan ongkos kirim gratis dihadirkan menjelang hari kasih sayang tersebut.

Anda bisa memanfaatkan tawaran promo dari berbagai e-commerce yang ada. Jangan lupa pula untuk melakukan perbandingan harga terhadap barang yang ingin dibeli. Dengan begitu, Anda bisa merayakan Hari Valentine tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

2. Manfaatkan Kartu Kredit

Serupa dengan e-commerce, di hari spesial seperti Valentine ini biasanya beberapa toko offline dan online memberi potongan harga yang sangat menarik dengan menggunakan fasilitas kartu kredit. Tidak ada salahnya bila Anda memanfaatkan kartu kredit untuk menyenangkan pasangan di hari Valentine.


Namun yang harus diingat, hadiah yang Anda beli dengan kartu kredit harus dilunasi dengan membayar cicilan beserta bunganya setiap bulan. Jadi, pastikan hadiah yang dibeli sesuai dengan kemampuan bayar Anda. Jangan sampai hadiah yang mahal itu justru membuat Anda kesulitan membayar cicilan.

3. Gunakan Uang Digital

Anda juga bisa menghemat pengeluaran saat Hari Valentine dengan menggunakan uang elektronik (e-money) atau dompet digital (e-wallet). Jangan ragu untuk menggunakan kedua bentuk uang digital ini. Pasalnya, saat perayaan Hari Valentine banyak promo atau diskon yang bisa Anda manfaatkan untuk berbelanja online atau offline dengan merchant yang telah bekerja sama dengan mereka.

Baca juga : Susah Nabung Walaupun Sudah Hidup Hemat? Mungkin ini Sebabnya

Untuk mengetahuinya, Anda harus rajin mencari informasi promo atau diskon apa yang diberikan di Hari Valentine. Informasi itu bisa didapat dari media sosial masing-masing penerbit uang digital tersebut. Namun sebelumnya pastikan bahwa saldo di e-money atau e-wallet Anda mencukupi untuk bertransaksi.

4. Manfaatkan Aplikasi Diskon

Untuk mendapat potongan harga saat Hari Valentine tiba, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pada ponsel Anda. Promosi yang Anda dapatkan bisa beragam. Mulai dari bonus produk saat pembelian hingga mendapat diskon yang cukup menguntungkan.

Itulah beberapa cara menghemat keuangan dalam merayakan Hari Valentine. Intinya, merayakan hari kasih sayang tidak harus dirayakan dengan cara menghambur-hamburkan uang. Namun, Hari Valentine itu bisa dirayakan bersama orang terkasih dengan perasaan yang tulus dan penuh cinta.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 11, 2020, 12:12 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.