Masih Pentingkah Rekening Koran di Era Digital?

Masih Pentingkah Rekening Koran di Era Digital?

Era digital menjadikan segala macam transaksi bisa dilakukan secara mudah dan cepat. Dunia perbankan pun mulai masuk ke ranah digital ini melalui berbagai produk keuangan seperti mobile banking, internet banking, dan SMS banking.

Meski sentuhan digital ini merambah ke berbagai produk perbankan, ternyata masih ada cara konvesional yang dipakai untuk berbagai transaksi. Salah satunya adalah rekening koran. Bukan tanpa alasan rekening koran ini tetap berlaku. Berbagai keperluan penting memang mengharuskan untuk memperlihatkan dokumen yang satu ini.

Baca juga : Pentingnya Akurasi Identitas Nasabah dalam Pembuatan Rekening Tabungan

Rekening koran adalah laporan yang berisi informasi tentang transaksi yang dilakukan oleh bank terhadap rekening tersebut beserta saldo kasnya yang berada di bank. Rekening koran memuat riwayat transaksi keluar masuk dana dari dan ke rekening tabungan.

Berbeda dengan rekening tabungan yang hanya mencatat angka kredit dan debit uang di tabungan. Rekening koran berisi informasi penting secara lebih detail seperti tujuan transaksi, ke mana aliran dana dan besaran uang yang ditransaksikan.

Kegunaan Rekening Koran

Rekening koran punya beragam kegunaan. Bukan hanya sebagai bukti aliran dana, tetapi juga menjadi salah satu kelengkapan dokumen untuk keperluan pengajuan pembiayaan. Apa saja kegunaannya rekening koran ini, simak ulasan berikut ini:

1. Informasi Saldo

Rekening koran memberikan informasi mengenai mutasi debit, mutasi kredit, dan saldo akhir bulan pada periode tertentu. Nasabah juga akan menerima informasi antara lain bunga yang diterima setiap bulan hingga biaya-biaya yang dibebankan.

Seluruh aktivitas tersebut dijabarkan secara detail dengan mencantumkan tanggal dan jam transaksi. Biasanya pihak bank akan mencetak rekening Koran yang diberikan kepada nasabahnya pada periode tertentu, misalnya tiga atau enam bulan sekali.


2. Pengajuan Pinjaman

Pada beberapa bank, rekening koran masih diperlukan dalam pengajuan pembiayaan seperti pinjaman modal usaha dan pengajuan kredit rumah dengan sistem KPR. Untuk pinjaman usaha, biasanya pihak bank membutuhkan riwayat yang baik sebagai syarat pengajuan. Pemohon diharuskan menunjukkan bukti aktivitas rekening koran usaha.

Baca juga : Panduan Lengkap Pengajuan Kredit Rumah Pertama

Rekening koran juga masih menjadi dokumen yang harus dilengkapi dalam pengajuan kepemilikan rumah dengan KPR. Syarat ini berlaku sebagai bukti bahwa arus ke luar masuk keuangan pemohon yang sehat. Biasanya, pihak bank akan meminta rekap rekening koran dalam tiga bulan terakhir.

3. Pengajuan Visa

Memang saat ini, sudah ada negara seperti Malaysia, Singapura, dan beberapa negara Asia yang membebaskan Visa untuk warga negara lain seperti Indonesia. Namun sayangnya, masih banyak negara yang memberi syarat rekening koran tiga bulan terakhir untuk pengajuan Visa seperti negara-negara di benua Amerika dan Eropa.

Bahkan bagi traveler, di beberapa negara seperti Eropa bukan hanya mewajibkan rekening koran untuk pengajuan Visa, setiap orang yang akan berkunjung disyaratkan memiliki sejumlah tabungan minimal. Kebijakan itu dikeluarkan oleh kedutaan negara masing-masing untuk memastikan wisatawan memiliki dana yang cukup selama berkunjung dan kembali ke negara asalnya.

Itulah beragam kegunaan dari rekening koran yang wajib diketahui. Meski demikian, saat ini sudah banyak terobosan teknologi yang diberikan oleh perbankan untuk memberi kemudahan nasabahnya untuk mencetak rekening koran. Jadi semuanya bisa lebih praktis, hemat waktu, dan hemat biaya tentunya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 10, 2020, 3:59 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.