Menggandeng Lembaga Amil Zakat, Gopay Perluas Layanan GoZakat

Menggandeng Lembaga Amil Zakat, Gopay Perluas Layanan GoZakat

Sejak diluncurkan pada November 2019, GoPay mencatat pertumbuhan transaksi zakat digital melalui GoZakat naik sebesar 17 kali lipat. Melihat tren berzakat digital yang semakin populer, GoPay menggandeng sejumlah Lembaga Amil Zakat (LAZ), yaitu Dompet Dhuafa, Global Zakat ACT, dan Griya Yatim & Dhuafa di GoZakat. Tiga LAZ ini menambah daftar lembaga yang sudah tersedia di aplikasi Gojek sebelumnya.

Head of Corporate Communications GoPay, Winny Triswandhani menjelaskan, inovasi GoZakat terus dikembangkan guna membantu LAZ dalam penghimpunan zakat sehingga dapat menjangkau donatur lebih luas lagi. Gopay berharap dengan semakin banyaknya LAZ yang tersedia dalam fitur GoZakat, masyarakat semakin terdorong untuk menunaikan zakat kapan saja karena mudah, aman dan transparan.

Baca juga : Gojek Xcelerate, Program Akselerator untuk Bibit Unicorn Indonesia

“Semoga semakin banyak pula kebaikan yang dapat tersalurkan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih sejahtera, merata, bersama. Daya jangkau dan basis pengguna GoPay yang luas menjadikan GoPay terus memimpin sektor filantropi dan sedekah digital,” ujar Winny.

Sepanjang 2019 lalu, donasi digital menggunakan GoPay mengalami pertumbuhan sebanyak 11 kali lipat. Lebih dari Rp82 miliar donasi yang terkumpul via GoPay telah disalurkan ke lebih dari 400 organisasi non-profit di 21 provinsi di seluruh Indonesia yang telah menjadi rekan program donasi digital GoPay for Good.


Sementara itu, Direktur Resource Mobilization ZIS Dompet Dhuafa Yuli Pujihardi mengungkapkan, zakat via GoBills adalah inisiatif hebat GoPay dalam mendukung gerakan sosial, kemanusiaan dan pemberdayaan. Dengan sekarang membayar zakat bisa semudah membuka aplikasi di ponsel, Dompet Dhuafa berharap bahwa masyarakat pun akan semakin terdorong untuk berzakat secara reguler.

“Kebahagiaan tersendiri bagi Dompet Dhuafa dapat menjadi bagian dari aksi kolaborasi kebaikan ini. Zakat payment via GoBills menjadi bukti bahwa Gojek tidak hanya berfokus sebagai platform layanan transportasi tetapi juga terdepan dalam hal kebaikan dan kepedulian terhadap mereka yang membutuhkan,” ungkapnya.

Baca juga : Virtual Payment, Tren Pembayaran di Era Digital

Cara membayar zakat lewat GoBills pun sangat mudah. Pengguna GoPay yang ingin membayar zakat cukup membuka fitur GoBills yang terdapat di aplikasi Gojek. Berikut cara bayar zakat lewat GoBills:

• Klik ‘Lainnya’ di aplikasi Gojek dan pilih GoBills.

• Pilih layanan ‘Zakat’.

• Pilih Lembaga Amil Zakat (LAZ).

• Masukkan nominal zakat yang akan dibayarkan.

• Klik ‘Bayar’ kemudian masukkan PIN GoPay.

• Bukti transaksi bisa ditemukan di bagian bawa layar dan akan dikirimkan pada e-mail pengguna.

Dengan bergabungnya Dompet Dhuafa, Global Zakat ACT, dan Griya Yatim & Dhuafa, kini pengguna GoPay sudah bisa menyalurkan zakatnya ke sembilan LAZ, termasuk BAZNAS, Baitul Maal Hidayatullah, LazisMu, LazisNU, Rumah Yatim, dan Rumah Zakat.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 5, 2020, 9:15 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.