Resolusi Keuangan 2020, Waktunya untuk Upgrade Investasi

Resolusi Keuangan 2020, Waktunya untuk Upgrade Investasi

Awal tahun bisa menjadi langkah bagu untuk menggapai kesuksesan. Bukan hanya pekerjaan, sisi finansial pun harus lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. Oleh karena itu, banyak orang mulai menyusun resolusi keuangan sebagai target pencapaian di tahun 2020 ini.

Mungkin bagi sebagian orang, mulai berinvestasi menjadi salah satu resolusi keuangan yang akan dilakukan di tahun ini. Namun, bagi yang sudah memiliki investasi, tidak ada salahnya di tahun ini memiliki tujuan keuangan untuk meningkatkan (upgrade) dalam berinvestasi.

Peluang untuk meningkatkan aset melalui investasi di tahun ini sangat terbuka lebar. Anda bisa mulai melirik instrumen investasi lain seperti Savings Bond Retail (SBR). Terbaru, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menerbitkan obligasi pemerintah dengan nomor seri Savings Bond Retail 009 (SBR009) yang ditawarkan mulai 27 Januari 2020 hingga 13 Februari 2020.

Baca juga : Berapa Keuntungan per Bulan dari Investasi SBR009?

Obligasi pemerintah ini bisa menjadi pilihan investasi yang aman karena SBR009 memiliki kupon yang mengambang dengan kupon minimal (floating with floor) 6,30 persen per tahun dan mengacu pada BI 7 Day Reverse Repo Rate plus spread 130 bps (1,30 persen). Artinya dalam setahun, keuntungan investasi yang didapat dari SBR009 adalah 6,30 persen per tahun.

Untuk Anda yang baru pertama kali ingin mencoba berinvestasi SBR009, tidak perlu khawatir apalagi terpiikir membutuhkan dana yang besar. Pasalnya, harga satu kopon investasi SBR009 minimal Rp1 juta dan maksimal pembelian sampai Rp3 miliar. Jadi, investasi Savings Bond Retail seri SBR009 ini sangat cocok untuk kalangan milenial.


Leonardo Koesmanto, Managing Director - Head of Digital Banking & Deputy Head of Consumer Banking Group PT Bank DBS Indonesia menjelaskan, masyarakat dewasa muda (emerging affluent) Indonesia saat ini, memiliki ketertarikan terhadap investasi dan memiliki dana yang cukup untuk dapat dikembangkan.

Namun, tingkat pemahaman akan investasi yang masih tergolong rendah dan kesadaran akan pentingnya pengelolaan dana jangka panjang, masih menjadi tantangan untuk membentuk kebiasaan berinvestasi.

“Kami sebagai lembaga keuangan bertanggung jawab, secara aktif memberikan edukasi dan beragam pilihan obligasi yang dikeluarkan pemerintah untuk mendorong emerging affluent Indonesia tertarik berinvestasi dengan instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai,” katanya.

Baca juga : Inilah Lima Jenis Obligasi yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia

Menariknya, Surat Berharga Ritel (SBR) seri SBR009 merupakan pembuka surat berharga negara yang dipasarkan ke publik khusus untuk Warga Negara Indonesia (WNI) di tahun ini. Pada paruh pertama 2020, pemerintah juga akan merilis kembali SBR kembali pada Januari, Februari dan Juni.

Kemudian, pemerintah juga akan menerbitkan SBR pada paruh kedua, tepatnya pada Agustus dan Oktober 2020. Adapun, seri-seri yang bakal dirilis yakni pertama, Surat Berharga Ritel (SBR) seri SBR009 dan SBR010. Kedua, Sukuk Ritel (SR) seri SR012. Ketiga, Sukuk Tabungan (ST) seri ST007 dan ST008. Terakhir, Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI017.

Dengan mengetahui investasi obligasi yang akan dikeluarkan pemerintah di tahun ini, Anda bisa memasukkan rencana investasi Surat Berharga Ritel dalam resolusi keuangan 2020. Dengan adanya peningkatan instrumen investasi yang Anda miliki, maka pundi-pundi keuntungan yang bisa didapatkan akan berlipat-lipat.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 29, 2020, 3:59 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.