Wamenkeu Suahasil Resmi Menjabat Anggota Dewan Komisioner OJK

Wamenkeu Suahasil Resmi Menjabat Anggota Dewan Komisioner OJK

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara resmi dilantik sebagai Anggota Dewan Komisioner OJK Ex-Officio Kementerian Keuangan. Pelantikan Suahasil ini dilakukan untuk mengganti posisi Mardiasmo yang habis masa jabatannya sebagai Wakil Menteri Keuangan 2014-2019.

Pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan Suahasil dilakukan dihadapan Ketua Mahkamah Agung RI M. Hatta Ali di Gedung MA Jakarta, Senin (13/1/2019). Suahasil ditetapkan menjadi Anggota Dewan Komisoner OJK Ex-officio Kemenkeu berdasarkan Kepres RI No 142/P Tahun 2019 tanggal 23 Desember 2019.

Sebelumnya Presiden juga sudah menunjuk Dody Budi Waluyo sebagai ADK OJK Ex-officio Bank Indonesia dan dilantik di Mahkamah Agung RI pada 25 September 2019. Pelantikan Suahasil melengkapi jajaran Anggota Dewan Komisioner OJK menjadi sembilan orang, yang terdiri dari tujuh ADK hasil Panitia Seleksi dan dua ADK Ex-officio Bank Indonesia dan Kemenkeu.

Baca juga : SNLIK OJK 2019: Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Meningkat

Pelantikan Suahasil juga disaksikan langsung oleh Ketua OJK, Wimboh Santoso dan Wakil Ketua OJK, Nurhaida. Di samping itu, anggota dewan komisioner lain yang membidangi pengawas perbankan, pengawas pasar modal, pengawas industri keuangan juga turut menghadiri pelantikan itu serta Anggota Dewan Komisioner OJK Ex-officio Bank Indonesia Dody Budi Waluyo.

Hadir dalam pelantikan Suahasil sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, jajaran pejabat Kementerian Keuangan, Bank Indonesia serta Anggota Dewan Komisioner OJK beserta jajaran pejabat OJK lainnya. Dengan pelantikan Suahasil tersebut, maka susunan jajaran Anggota Dewan Komisioner OJK sebagai berikut:

1. Ketua: Wimboh Santoso

2. Wakil Ketua: Nurhaida

3. Anggota Dewan Komisioner/Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan: Heru Kristiyana

4. Anggota Dewan Komisioner/Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal: Hoesen

5. Anggota Dewan Komisioner/Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank: Riswinandi

6. Anggota Dewan Komisioner OJK/Ketua Dewan: Audit Ahmad Hidayat

7. Anggota Dewan Komisioner bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen: Tirta Segara

8. Anggota Dewan Komisioner OJK Ex-officio Bank Indonesia: Dody Budi Waluyo

9. Anggota Dewan Komisioner OJK Ex-officio Kemenkeu: Suahasil Nazara


Profil Suahasil Nazara

Suahazil Nazara lahir di Jakarta pada 23 November 1970. Saat ini, dirinya menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan RI pada Kabinet Indonesia Maju. Sebelumnya, Suahazil menjabat sebagai Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI sejak tahun 2016.

Baca juga : Luky Alfirman Dilantik Jokowi Menjadi Anggota Dewan Komisioner LPS

Dalam jenjang pendidikan, Suahazil berhasil meraih gelar Sarjana Ekonomi (SE) dari Universitas Indonesia pada tahun 1994. Kemudian, dirinya melanjutkan studi ke Cornell University, Amerika Serikat dan berhasil meraih gelar gelar Master of Science (MSc) pada tahun 1997.

Gelar Doctor of Philosophy (PhD) didapat Suahazil University of Illinois at Urbana-Champaign, Amerika Serikat pada tahun 2003. Dia pun mendapatkan gelar Guru Besar di Bidang Ekonomi pada tahun 2009 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 14, 2020, 8:58 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.