Berapa Uang Angpao yang Harus Disiapkan Saat Tahun Baru Imlek?

Berapa Uang Angpao yang Harus Disiapkan Saat Tahun Baru Imlek?

Tahun Baru Imlek tahun 2020 akan jatuh pada tanggal 25 Januari. Bagi masyarakat keturunan Tionghoa, Imlek menjadi salah satu hari yang spesial, di mana pada hari pergantian tahun baru dipercaya akan membawa berkah dan keberuntungan.

Tidak heran bila pada hari pergantian tahun itu dirayakan dengan suka cita bagi yang merayakannya. Berbagai pernak-pernik khas seperti lampion dan pohon Meihoa akan menghiasi dekorasi rumah. Tidak hanya itu, makanan khas Imlek juga siap dihidangkan dan yang paling ditunggu adalah angpao.

Baca juga : Belajar Cara Mengatur Keuangan ala Orang Tiongkok

Pemberian angpao ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Tionghoa saat perayaan Imlek. Angpao juga punya makna bentuk keberuntungan bagi manusia. Bukan hanya keberuntungan bagi yang memberi, tetapi juga yang menerima angpao.

Akan tetapi dalam pemberiannya, angpao memiliki aturan tersendiri. Umumnya, angpao diberikan dari yang telah menikah memberikan angpao kepada yang belum menikah. Nah, bagi Anda yang kebagian memberi angpao, ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum menyiapkan dana angpao.

Jumlah Uang Angpao

Dikutip dari laman tionghoa.info, jumlah uang yang diberikan dapat dibedakan berdasarkan kategori usia penerimanya. Untuk orang yang lebih tua terutama orangtua, besaran uang yang layak diberikan antara Rp1 juta sampai Rp4 juta. Berbeda dengan yang lebih muda dan belum punya penghasilan seperti yang masih sekolah atau kuliah, maka uang angpao yang bisa diberikan antara Rp100 ribu sampai Rp200 ribu.


Bagaimana dengan anak-anak? Untuk uang angpao anak-anak ini tentu akan ada perbedaan antara anak Anda dan anak orang lain. Untuk anak Anda, uang angpao yang bisa diberikan bisa mulai dari Rp200 ribu hingga sesuai kemampuan Anda. Namun bagi anak lain, siapkan uang pecahan mulai dari Rp5.000 sampai Rp20 ribu di dalam amplop angpao.

Anda juga bisa memberikan angpao kepada karyawan di perusahaan Anda. Meski tidak ada ketentuan yang mengharuskan memberi angpao, namun tidak ada salahnya berbagi kebahagiaan dengan mereka pada tahun baru Imlek ini.

Makna Angpao

Dalam kebudayaan masyarakat Tionghoa, angpao adalah bingkisan dalam amplop berwarna merah yang berisikan sejumlah yang sebagai hadiah dalam menyambut perayaan tahun baru Imlek. Amplop warna merah yang digunakan juga sarat makna, di mana masyarakat Tionghoa sangat menyukai warna merah.

Baca juga : UMP Sudah Naik, Bagaimana Mengatur Keuangan Agar Tidak Tekor?

Warna merah ini juga dianggap sebagai simbol energi, kebahagiaan dan keberuntungan. Oleh karena itu, membagikan angpao saat perayaan tahun baru Imlek menjadi cara untuk menyampaikan harapan dan keberuntungan yang baik.

Namun, makna sebenarnya dari angpao bukan hanya terletak pada waran amplop merah dan uang yang ada di dalamnya. Membungkus uang dengan amplop merah diharapkan dapat lebih membahagiakan dan memberi berkah yang lebih melimpah kepada penerimanya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 14, 2020, 3:16 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.