5 Cara Mencapai Tujuan Finansial di Usia 30 Tahun

5 Cara Mencapai Tujuan Finansial di Usia 30 Tahun

Semua orang tentu sangat ingin memiliki kehidupan yang nyaman secara finansial di masa depan. Untuk mencapai tujuan itu, Anda harus mempersiapkan sedini mungkin. Dilansir dari Forbes, setengah dari kaum milenial berharap untuk menjadi miliarder dalam kehidupan mereka, dan sebagian besar berharap untuk pensiun sekitar usia 56 tahun.

Hasil Survei Milenium dan Uang 2018 yang dilakukan TD Ameritrade menjelaskan, untuk sampai pada kondisi tersebut, mereka harus mempersiapkan pondasi keuangan yang kuat terlebih dahulu. Berikut ini ada lima tujuan finansial yang harus diselesaikan pada usia 30 tahun untuk membuat tahap kehidupan Anda selanjutnya menjadi aman.

1. Membangun Kualitas Diri

Untuk membangun kualitas diri, Anda bisa melakukan banyak hal positif, apalagi jika Anda menginjak usia 20-an. Usia ini adalah waktu untuk berinvestasi dalam diri Anda, apakah itu menabung untuk kembali ke sekolah, bepergian, atau pengalaman hidup lainnya.

Jamie Hopkins, Direktur Penelitian Pensiun Carson Wealth mengatakan, Usia dua puluhan Anda adalah tahap dalam hidup Anda di mana Anda memiliki lebih sedikit komitmen dan dapat dengan mudah menemukan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. Mulailah dengan membuat daftar tujuan Anda, apakah itu perjalanan, festival musik atau pendidikan. Kemudian, saatnya untuk mulai menabung.

Baca juga : 8 Cara Mengelola Keuangan dan Investasi ala Warren Buffett

Penasihat Keuangan Milestone Financial Planning Jean Fullerton juga menyarankan, langkah paling penting adalah mengembangkan disiplin untuk menabung sedikit dengan setiap gaji. Hidup di bawah kemampuan Anda adalah suatu keharusan.

Dia menyarankan agar simpanan diambil langsung dari gaji Anda sehingga Anda tidak tergoda untuk menghabiskan uang itu. Dengan setiap kenaikan yang Anda dapatkan, tingkatkan jumlah yang Anda tabung sampai  15 persen dari penghasilan Anda.

2. Mengelola Utang


Sangat penting untuk memulai mengelola utang Anda saat masih. Apakah itu pinjaman, utang kartu kredit atau cicilan kendaraan. "Jika Anda jauh tertinggal, Anda mulai gagal membayar dan skor kredit Anda dipalu. Itu bisa membuatmu ketinggalan sejak awal," kata Hopkins.

Ada beberapa strategi untuk melunasi utang Anda. Salah satunya yang dipopulerkan oleh Dave Ramsey, yaitu metode bola salju (snowball method). Dalam strategi ini, Anda membuat daftar utang Anda dalam urutan terkecil hingga terbesar, lalu melakukan pembayaran minimum untuk semua utang Anda kecuali yang terkecil. Pada utang terkecil, Anda membayar sebanyak mungkin, sampai lunas. Kemudian, Anda akan mengulangi prosesnya dengan utang terkecil berikutnya.

Baca juga : Tips Menghindari Masalah Keuangan di Masa Tua Sejak Usia 30-an

Metode populer lainnya adalah the debt avalanche method. Dalam metode mengharuskan Anda mencantumkannya berdasarkan tingkat bunga. Tingkat bunga tertinggi adalah yang harus dilunasi terlebih dahulu. Anda tidak harus melunasi semua utang Anda pada usia 30, tetapi sebaiknya memulai rencana pembayaran di usia dua puluhan.

3. Mulai Menabung untuk Pensiun

Menurut laporan dari National Institute on Retirement Security on Retirement Security, sebanyak 66 persen dari generasi milenial bekerja untuk pemberi kerja yang menawarkan program pensiun. Namun hanya 55 persen dari generasi milenial yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam rencana pemberi kerja.

Baca juga : Belajar Cara Mengatur Keuangan ala Orang Tiongkok

Jika pemberi kerja memberi program pensiun, maka manfaatkan rencana tersebut. Semakin cepat Anda menabung, semakin lama uang Anda akan tumbuh karena kekuatan bunga majemuk. Ingatlah untuk meningkatkan kontribusi Anda setiap kali Anda mendapat kenaikan gaji setiap tahun.

4. Berinvestasi


Mulailah memikirkan dan melakukan investasi. Saat ini banyak sekali sarana investasi yang dipermudah dengan biaya yang lebih rendah. Anda bisa mulai melakukan investasi di beberapa instrumen seperti reksa dana, saham, obligasi, surat utang negara, dan emas.

Percayalah bahwa investasi yang Anda lakukan saat masih di usia 20-an akan bisa dirasakan saat Anda memasuki masa pensiun. Namun perlu diingat, investasi harus disesuaikan dengan tujuan Anda, apakah jangka pendek, menengah atau jangka panjang. Pasalnya, tujuan itu akan menentukan instrumen investasi yang baik untuk diambil.

5. Manfaat Fasilitas Kartu Kredit

Banyak perdebatan mengenai kartu kredit ini. Namun memiliki kartu kredit bisa memberi manfaat karena banyak bonus dan keringanan yang bisa didapatkan. Hal yang perlu dipegang adalah penggunaan kartu kredit harus dilakukan secara bijak.

Baca juga : Bagaimana Pengelolaan Keuangan Keluarga yang Ideal?

Kartu kerdit bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan yang mendesak seperti biaya perobatan yang membutuhkan biaya besar. Jangan gunakan kartu kredit untuk keperluan yang konsumtif. Penggunaan kartu kredit yang salah akan menjadi beban karena ada kewajiban yang harus dibayarkan seperti cicilan pokok beserta bunganya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 10, 2020, 1:27 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.