3 Strategi Menyusun Resolusi Keuangan Tahun 2020

3 Strategi Menyusun Resolusi Keuangan Tahun 2020

Tidak terasa, kita semua sudah berada di penghujung tahun 2019. Tentu banyak kenangan yang telah dilewati sepanjang tahun ini. Ada kesuksesan dan ada pula kegagalan dalam menjalani kehidupan. Semua itu bisa dijadikan pelajaran di tahun 2020.

Begitu pula dengan mengelola keuangan. Anda mungkin pernah merasa kesulitan dalam mengelola keuangan setahun ini sehingga ada saja yang tiak tercapai, mulai dari rencana pendidikan sampai rencana liburan akhir tahun yang terpaksa ditunda.

Baca juga :Langkah Pintar Menganalisa Rencana Keuangan dalam Setahun

Di penghujung tahun ini, Anda masih bisa merenungi apa saja kesalahan dalam mengelola keuangan di tahun ini. Mungkin saja penyebabnya Anda belum cukup mengenali apa saja yang menjadi keinginan dan kebutuhan.

Nah, tahun 2020 bisa menjadi awal yang baik untuk memperbaiki semuanya. Resolusi keuangan dan terencana bisa disusun dengan mengenali prinsip 3K, yaitu keinginan, kebutuhan, dan kemampuan. Bagaimana caranya? Ini penjelasannnya.

1. Kenali Kebutuhan dan Keinginan


Tidak ada yang melarang jika Anda memiliki keinginan. Namun yang harus diingat adalah jangan sampai keinginan itu mengganggu kebutuhan Anda dan keluarga. Pastikan terlebih dahulu kebutuhan Anda dapat tercukupi dengan baik dan tepat waktu dengan menghitung prediksi pendapatan dan pengeluaran Anda.

Atur strategi untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan dan keinginan tersebut. Perhatikan juga kemampuan Anda. Daripada menambah pendapatan, tentunya lebih mudah mengurangi keinginan atau pengeluaran.

Sekiranya ada keinginan yang terlalu memberatkan, jangan dipaksakan sebagai tujuan keuangan Anda tahun 2020, namun tetap dapat dicantumkan sebagai tujuan jangka panjang yang perlu Anda capai di waktu berikutnya. Anda harus optimis namun tetap realistis dalam mengatur keuangan.

2. Tabungan dan Investasi


Cari Informasi mengenai berbagai produk dan layanan keuangan dan pilih yang paling tepat dengan kebutuhan, karakteristik, kondisi keuangan atau kemampuan Anda. Jika Anda orang yang menyukai tantangan dan berani mengambil risiko, Anda dapat memilih produk pasar modal, seperti menabung saham atau reksa dana saham. Jika ingin instrumen yang lain, seperti produk Tabungan Emas dari Pegadaian atau jenis tabungan lainnya seperti deposito, tabungan berjangka, dan lainnya.

Baca juga : Sehatkah Keuangan Anda? Begini Cara Menghitungnya

Ada hal yang harus diingat bahwa Anda juga perlu mengalokasikan dana darurat. Uang ini bisa Anda kelola sendiri di rekening tabungan yang terpisah dari rekening yang aktif digunakan untuk bertransaksi, ataupun dengan mengalihkan resikonya kepada perusahaan asuransi. Dengan begitu, langkah Anda dalam mencapai tujuan keuangan Anda dapat lebih terlindungi. Lindungi juga hari tua Anda sejak Anda masih di usia produktif. Sisihkan pula sebagai pendapat untuk dana pensiun.

Tapi ingat, ke depan nanti jangan mudah percaya dengan penawaran investasi yang menjanjikan iming-iming imbal hasil yang terlalu tinggi. Jangan sampai dana yang sudah Anda kelola dengan baik, hilang begitu saja karena Anda percayakan ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Kenali dengan baik produk investasi Anda, pihak yang menjualnya, hak dan kewajiban Anda termasuk biaya dan resikonya.

3. Disiplin


Tidak ada yang bisa dilakukan agar resolusi keuangan tahun 2020 bisa terlaksana dengan baik. Kuncinya adalah disiplin. Resolusi yang kiranya juga penting untuk diterapkan tahun depan adalah melatih diri untuk lebih berdisiplin menyisihkan uang, bukan menyisakan. Sisihkanlah uang Anda secara rutin langsung setiap Anda menerima penghasilan Anda. Jangan tunda hingga akhir bulan untuk menabung dana yang tersisa di rekening Anda.

Nah, selamat menentukan resolusi keuangan Anda di tahun 2020, semoga tercapai dengan perencanaan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Uang mungkin tidak dapat membeli kebahagiaan, namun perencanaan keuangan yang baik pasti dapat memberikan kebahagiaan bagi Anda dan keluarga. Selamat Tahun Baru 2020.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 26, 2019, 4 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.