Siap-siap Menyambut Harbolnas 12.12, Perhatikan 5 Tips Ini

Siap-siap Menyambut Harbolnas 12.12, Perhatikan 5 Tips Ini

Setiap tiga bulan menjelang akhir tahun transkasi online pasti akan mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Pasalnya, ada aktivitas Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang digelar setiap 10 Oktober, 11 November, dan terakhir 12 Desember.

Di Harbolas tersebut berbagai produk ditawarkan dengan harga yang sangat menarik. Promo dan diskon yang belipat-lipat dari hari biasanya diberikan dalam rangka Harbolnas. Tidak mengherankan, bila para pelaku bisnis online bisa meraup keuntungan yang sangat besar di tiga bulan tersebut.

Baca juga : Tipe Gaya Belanja Manakah Anda?

Jika Anda termasuk tipe yang gemar berbelanja saat Harbolnas, perhatikan beberapa tips saat berbelanja secara cerdas selama Harbolnas 2019.

1. Menggunakan Kartu Agar Lebih Hemat

Saat berbelanja online, gunakan kartu untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih baik. Lakukan pembayaran secara online dengan kartu kredit atau kartu debit Anda untuk menikmati tambahan potongan harga dan cashback.

2 Pastikan Keamanan Transaksi Online dengan Berbelanja dari Rumah

Jaringan Wi-Fi di rumah merupakan jaringan koneksi intenet yang paling aman. Oleh karena itu, berbelanja online dari rumah dan Anda dapat mencari penawaran terbaik secara tenang dengan kartu Anda.

3. Maksimalkan Poin Reward Perjalanan Anda

Gunakan kartu kredit untuk berbelanja semua kebutuhan perjalanan Anda selama 12.12 mulai dari tiket pesawat, akomodasi, tempat atraksi, hingga pakaian terbaru dan produk-produk fashion lainnya untuk menemani perjalanan Anda. Kemudian, nikmati poin reward-nya untuk transaksi-transaksi selanjutnya.

4. Pesan Makanan Secara Online

Pastikan Anda tidak melewatkan berbagai penawaran lezat selama 12.12. Pesan antar makanan Anda lebih awal secara online, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama.

5. Masukkan Tagihan ke Kartu Anda

Gunakan kartu kredit atau debit Anda untuk membayar berbagai tagihan rutin selama periode ini, mulai dari listrik, telepon, langganan internet dan TV kabel. Dengan demikian, Anda dapat menjadikan tagihan Anda bulan ini menjadi sesuatu yang menguntungkan.


Nilai Transaksi Harbolnas 2018 dan 2019

Berdasarkan data Mastercard Indonesia, sebanyak 90 persen orang Indonesia sepakat bahwa 12.12 merupakan hari belanja online paling populer di negara ini. Pada tahun 2018, Harbolnas 12.12 berhasil mencatat Rp6,8 triliun transaksi atau meningkat sebesar Rp2,1 triliun dibandingkan tahun 2017.

Di Harbolnas 2019 ini, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia Ignatius Untung menargetkan, nilai transaksi Harbolnas yang akan digelar selama dua hari pada 11-12 Desember 2019 ditargetkan akan naik menjadi Rp8 triliun. Target tersebut meningkat dari nilai transaksi Harbolnas di tahun sebelumnya yang sekitar Rp6,8 triliun.

Optimisme itu dilontarkan karena pada tahun ini semakin banyak pelaku dan partner baru yang menjadi fasilitator pembayaran seperti LinkAja. Menurut Ignatius dalam acara Forum E-Commerce Indonesia 2019, Harbolnas 2019 mulanya diminati oleh 300 pelaku usaha online yang mendaftar. Namun hanya 235 peserta yang kemudian lulus seleksi.

Baca juga : Tanda-tanda Kecanduan Belanja Online yang Membahayakan Keuangan

Program Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tahun 2019 mengangkat tema “Semua Bisa Online”. Harbolnas ke-9 akan diselenggarakan pada 11-12 Desember 2019 ini akan digunakan untuk mempromosikan keunggulan produk-produk lokal.

Ke depan, Kemendag akan terus mendorong para penyedia platform niaga elektronik untuk menyelenggarakan hari belanja online khusus produk nasional setiap bulan, misalnya melalui program payday produk lokal yang diselenggarakan setiap awal bulan.

“Melalui program tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan UMKM dan menjadikan produk dalam negeri semakin dikenal dan mendunia," tambah Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di acara Forum E-Commerce Indonesia 2019.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 11, 2019, 9:37 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.