5 Jenis Perusahaan Asuransi di Indonesia. Apa Saja?

5 Jenis Perusahaan Asuransi di Indonesia. Apa Saja?

Asuransi menjadi salah satu upaya memberikan perlindungan di saat yang dibutuhkan. Asuransi juga bisa menjadi solusi finansial agar tidak mengalami kesulitan keuangan bila terjadi musibah seperti mengidap penyakit, kecelakaan atau kematian.

Saat ini, pertumbuhan perusahaan asuransi cukup pesat dengan beragam jenis produk dan layanan yang ditawarkan. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan hingga asuransi kendaraan bermotor hingga asuransi perkapalan.

Baca juga : 7 Tips Memilih Perusahaan Asuransi Terbaik

Namun dari sekian banyak perusahaan asuransi yang ada di Indonesia, apakah Anda tahu yang membedakan macam perusahaan asuransi tersebut? Jika ingin tahu, silakan simak penjelasan yang telah dirangkum duitologi.com.

1. Perusahaan Asuransi Jiwa

Perusahaan Asuransi Jiwa adalah perusahaan yang memberikan jasa dalam penanggulangan risiko yang dikaitkan dengan hidup atau meninggalnya seseorang yang dipertanggungkan. Perusahaan Asuransi Jiwa wajib memperoleh izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan Asuransi Jiwa memberikan jasa penanggulangan risiko yang memberikan pembayaran kepada pemegang polis atau ahli waris yang berhak dalam hal tertanggung meninggal dunia atau tetap hidup.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga akhir Juni 2019 terdapat 53 perusahaan asuransi jiwa yang beroperasu di Indonesia. Nama-nama besar perusahaan asuransi tersebut antara lain PT Asuransi Allianz Life Indonesia, Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912, PT Axa Life Indonesia, dan sebagainya.

Perusahaan asuransi jiwa menyediakan layanan berupa produk asuransi jiwa baik itu berjenis asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa dwiguna hingga asuransi jiwa unit link. Perusahaan asuransi jiwa juga tidak melulu hanya memberi layanan proteksi jiwa, tapi ada juga produk asuransi kesehatan baik yang berjenis hospital cash plan maupun hospital benefit.

2. Perusahaan Asuransi Umum


Secara umum, perusahaan asuransi umum (general insurance) akan memberikan manfaat berupa ganti rugi kepada tertanggung jika terjadi kerusakan, kerugian, kehilangan pada harta benda. Dengan memiliki asuransi umum, maka Anda dapat terhindar dari kerugian atau menekan kerugian seminimal mungkin jika terjadi risiko.

Baca juga : Ini 3 Jenis Asuransi yang Wajib Dimiliki Setiap Keluarga

Perusahaan asuransi umum menyediakan jasa perlindungan risiko terhadap kerugian ekonomi yang terjadi akibat kerusakan atau kehilangan aset. Ada bermacam-macam risiko kerugian yang bisa Anda hadapi, misalnya kebakaran, kerusakan, kecelakaan, kecurian, kehilangan, penerbangan yang telat, dan lain sebagainya.

Berdasarkan data OJK, jumlah perusahaan asuransi umum yang terdaftar saat ini mencapai 74 perusahaan. Beberapa nama perusahaan asuransi umum antara lain PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, PT Asuransi Jasaraharja Putera, PT Asuransi Adira Dinamika, dan lain sebagainya.

3. Perusahaan Reasuransi

Perusahaan reasuransi adalah perusahaan yang memberikan jasa dalam pertanggungan ulang terhadap risiko yang dihadapi oleh Perusahaan Asuransi Kerugian dan atau Perusahaan Asuransi Jiwa. Perusahaan Reasuransi wajib memperoleh izin usaha dari OJK.

Perusahaan reasuransi membantu perusahaan asuransi dalam hal memperbesar kapasitas penerimaan risiko-risiko tertentu oleh perusahaan asuransi, penyebaran risiko yang ditanggungnya, stabilisasi keuntungan perusahaan, Meminimkan cadangan teknis yang dibutuhkan, mengembangkan kegiatan perusahaan serta peningkatan asas profesionalisme dan daya saing perusahaan.

Baca juga : Allianz Indonesia Hadirkan Produk Asuransi Sesuai Ekspektasi Pasar

Berdasarkan data OJK, di Indonesia sejauh ini ada enam perusahaan reasuransi. nama perusahaan asuransi umum antara lain PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero), PT Reasuransi International Indonesia, dan lain-lain.

4. Perusahaan Asuransi Wajib


Perusahaan asuransi wajib adalah perusahaan yang menyediakan produk asuransi wajib. Perusahaan asuransi wajib umumnya berbentuk BUMN. Sejauh ini, menurut OJK, ada tiga perusahaan asuransi wajib yang beroperasi di Indonesia yaitu PT ASABRI (Persero), PT Jasa Raharja (Persero) dan PT TASPEN (Persero).

5. Perusahaan Asuransi Sosial

Asuransi sosial merupakan asuransi yang menyediakan jaminan sosial bagi masyarakat yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan peraturan-peraturan yang mengatur hubungan antara pihak asuransi dengan masyarakat. Tujuan asuransi sosial meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama para pegawai dan pensiun.

Perusahaan asuransi sosial menjalankan layanan asuransi dalam memberikan sistem jaminan sosial atau kerangka social security. Di Indonesia saat ini, perusahaan yang melayani asuransi sosial ini antara lain BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 11, 2019, 8:36 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.