Bantu Pengelolaan Finansial, Home Credit Luncurkan Program FUNancial

Bantu Pengelolaan Finansial, Home Credit Luncurkan Program FUNancial

Di era saat ini, tuntutan untuk memenuhi kebutuhan bukan hanya pada yang dasar saja. Pemenuhan kebutuhan lainnya pun bisa menjadi persoalan yang krusial seiring semakin banyak hal yang harus terpenuhi. Maka dari itu dibutuhkan cara pengelolaan finansial yang baik dan benar.

Tidak bisa dipungkiri, kurangnya pemahaman mengenai pengelolaan finansial berhubungan tingkat literasi dan inklusi keuangan yang masih relative rendah. Berdasarkan Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) tahun 2019 yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeks literasi keuangan mencapai 38,03 persen dan indek inklusi keuangan 76,19 persen.

Angka tersebut meningkat dibanding hasil survei OJK 2016 yaitu indeks literasi keuangan 29,7 persen dan indeks inklusi keuangan 67,8 persen. Dengan demikian dalam tiga tahun terakhir terdapat peningkatan pemahaman keuangan (literasi) masyarakat sebesar 8,33 persen, serta peningkatan akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan (inklusi keuangan) sebesar 8,39 persen.

Baca juga : SNLIK OJK 2019: Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Meningkat

Melihat hal itu, Home Credit Indonesia menyadari pentingnya memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat agar dapat meraih kebebasan finansial seutuhnya. Home Credit berupaya menjadi teman bagi masyarakat dalam memberikan tips finansial dan informasi tentang bagaimana cara untuk mendapatkan pemberdayaan finansial dengan cara yang mudah dimengerti, menyenangkan, dan selaras dengan kehidupan masyarakat dalam kesehariannya.

Dengan menggunakan tagar #YangKamuMau, FUNancial memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi pengelolaan finansial dengan baik, mengetahui apa saja opsi yang mereka miliki untuk membantu mereka mewujudkan masa depan tanpa adanya beban dan kesulitan dalam mempertahankan gaya hidup yang diinginkan.


Direktur Home Credit Indonesia Moin Uddin mengatakan, FUNancial ini sejalan dengan program OJK untuk meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat di Indonesia. Home Credit Indonesia sangat mendukung program nasional ini dan akan ikut terus memberikan kontribusi agar masyarakat Indonesia bisa mendapatkan pemberdayaan finansial yang maksimal serta meraih kebebasan finansial dalam kesehariannya.

“Misi kami adalah untuk merubah cara dunia berbelanja dengan memanfaatkan teknologi terkini, dan tentunya memberikan layanan yang mulus serta dapat diandalkan. Ini terbukti dengan total pembiayaan sebesar Rp8,9 triliun yang telah disalurkan kepada perorangan, dan ini merupakan peningkatan sebesar 33,5 persen year on year pada September 2019. Jumlah klien yang kami layani juga meningkat sebesar 32,1 persen,” kata Moin dalam acara Media Gathering Home Credit di Afterhour, Sarinah, Jakarta (3/11/2019).

Baca juga : Home Credit Beri Solusi Pembiayaan Renovasi Rumah

Acara talkshow FUNancial #YangKamuMau ini pertama kali diluncurkan secara internal dalam rangka merayakan Hari Literasi Keuangan Nasional di Jakarta (19/11/2019). Dalam kesempatan ini, para peserta mendapatkan informasi mengenai bagaimana cara mengatasi dilema finansial dan juga bagaimana cara untuk menjadi lebih percaya diri untuk investasi masa depan dengan cara yang mudah dimengerti, ringan, dan menyenangkan.

Dengan narasumber seperti Perencana Keuangan Independen & Co-Founder dari Hahaha Corp Dipa Andika dan juga pembicara dari komunitas lokal, talkshow FUNancial terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya. Rangkaian acara ini dimulai di Jakarta (23/11/2019) dan akan terus memberikan inspirasi kepada publik di Bandung (7/12/2019) dan Surabaya (14/11/2019).

Selain acara talkshow, Campaign FUNancial #YangKamuMau juga berkolaborasi dengan Investashe, komunitas yang menggunakan platform digital dalam menawarkan wawasan finansial, bisnis, dan investasi dengan cara yang kreatif dan menyenangkan melalui sejumlah artikel mengenai manajemen keuangan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 4, 2019, 9:12 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.