Kenapa Harus Investasi Reksa Dana Syariah?

Kenapa Harus Investasi Reksa Dana Syariah?

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar dalam pengembangan produk keuangan syariah. Reksa dana syariah sebagai salah satu instrumen pasar modal syariah masih berpeluang besar untuk didorong sebagai alternatif investasi reksa dana konvensional.

Data World Bank menyebutkan, Indonesia punya potensi pasar modal syariah terbesar di dunia. Potensi itu bisa dilihat dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 264 juta jiwa. Potensi lainnya adalah 87 persen penduduknya adalah muslim dan 68 persennya adalah kelompok produktif.

Baca juga : Ini 6 Pilihan Produk Investasi Syariah yang Paling Menguntungkan

Ada data lain yang menyebutkan, sumbangan pasar modal syariah masih terbilang kecil dari pasar modal Indonesia secara keseluruhan. Saat ini, porsinya baru sekitar 15 persen dari pasar modal Indonesia. Sementara secara entitas saham ada sekitar 400an atau 60 persen saham yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah saham syariah.

“Jadi bisa dibayangkan kita mengembangkan sebuah bisnis di 87 persen muslim, yang 68 persennya itu kelompok produktif. Nah, karena data inilah kami mengembangkan investasi syariah,” kata Kepala Pasar Modal Syariah PT Bursa Efek Indonesia Irwan Abdalloh.

Reksa dana syariah bisa menjadi pilihan investasi bagi investor awam seperti milenial. Investasi ini tidak semata-mata menawarkan keuntungan semata, tetapi juga memastikan skema investasinya sesuai dengan kaidah dan ketentuan syariah.

Apa itu Reksa Dana Syariah?

Mungkin sebagian orang belum tahu, seperti apa reksa dana syariah itu? Reksa dana syariah adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi (MI) untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga.

Surat berharga tersebut bisa meliputi saham, obligasi, dan instrumen pasar uang yang sesuai dengan ketentuan dan prinsip syariah Islam dengan portofolio penempatan dana di instrumen keuangan syariah seperti saham syariah dan sukuk.
Berdasarkan jenisnya, ada empat jenis yang umum dipilih oleh masyarakat yaitu reksa dana pasar uang syariah, reksa dana pendapatan tetap syariah, reksa dana campuran syariah dan reksa dana saham syariah.


Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai reksa dana syariah ini, berikut fakta-fakta yang harus dipahami dalam investasi reksa dana syariah ini.

1. Produk reksa dana syariah dijamin kesyariahannya oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

2. Reksa dana syariah dikelola oleh unit khusus.

3. Reksa dana syariah dikelola oleh manajer investasi syariah.

4. Reksa dana syariah memiliki banyak pilihan produk.

5. Reksa dana syariah berbasis efek syariah luar negeri pertama di Indonesia.

6. Reksa dana syariah memiliki rata-rata pertumbuhan market cap paling tinggi.

7. Market place reksa dana syariah tersedia secara offline maupun online.

Bagaimana Berinvestasi Reksa Dana?

Bagi Anda yang tertarik berinvestasi reksa dana syariah, berikut ini hal-hal yang harus diketahui untuk membeli reksa dana.

1. Pembelian reksa dana dapat dilakukan secara langsung melalui perusahaan Manajer Investasi yang menerbitkan dan mengelola reksa dana atau bisa melalui bank yang bertindak sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD).

2. Dalam membeli reksa dana, persyaratan awal calon investor adalah harus memiliki kartu identitas (KTP atau SIM) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) agar dapat membuka rekening sebelum membeli reksa dana.

3. Investor wajib melakukan proses KYC (Know Your Customer) dan investor diwajibkan untuk melakukan pertemuan dengan pihak Manajer Investasi atau APERD (Agen Penjual Efek Reksa Dana) minimal 1 kali.

Baca juga : Agar Investasi Reksa Dana Maksimal, Ini 4 Tips Memilih Manajer Investasi

Namun dalam berinvestasi reksa dana ada banyak hal yang perlu Anda pahami juga. Ingat, dalam investasi itu dikenal dengan istilah high risk high return. Jadi, pilihan jenis reksa dana syariah ini juga bisa disesuaikan dengan profil risiko dan jangka waktu investasi. Bagaimana tertarik untuk berinvestasi reksa dana syariah? Segera sisihkan pemasukan Anda untuk berinvestasi di produk-produk pasar modal syariah dan jadi investor sejak dini.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 2, 2019, 10:55 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.