Belajar Investasi Syariah dari Influencer Qonitah Al Jundiah

Belajar Investasi Syariah dari Influencer Qonitah Al Jundiah

Banyak orang masih berpikir bahwa investasi itu sulit dan membuat pusing. Mungkin pendapat itu ada benarnya bagi yang belum tahu bagaimana melakukan investasi. Hal itu yang dirasakan oleh Influencer Fashion Muslim Qonitah Al Jundiah saat diskusi Investasi Syariah untuk Kaum Muda dan Keluarga di acara Sharia Investment Week 2019 di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta (23/11/2019).

Tata, sapaan akrabnya menceritakan pengalamannya mengenal investasi syariah. Pada awalnya merasakan takut untuk memulai investasi. Pola pikir awal adalah hidup cukup dan tidak punya utang, itu sudah sudah bagus. Namun sejak diajak berkenalan dengan investasi syariah tujuh bulan lalu, semua pemikiran itu berubah.

Baca juga : Apa itu Wakaf Saham? Begini Skema dan Penjelasannya

Saat itu, dirinya bersama beberapa teman diajak untuk terlibat dalam sebuah program bernama investor inkubator dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam program tersebit, semua hal mengenai investasi diajarkan. Bahkan, hal-hal mendasar dari sebuah rencana investasi juga diberikan mulai dari bagaimana merencanakan keuangan yang benar, mengatur aliran dana (cash flow), bagaimana menganalisanya hingga fundamental analisisnya.

“Sampai akhirnya kita merasakan sendiri beli saham itu seperti apa karena kita fokusnya ingin jangka panjang. Bagaimana pakai aplikasinya, melihat naik turunnya grafik saham sehari-hari, semuanya dipelajari dengan bantuan para pengawas dari Bursa Efek Indonesia. Jadi saya tahu ternyata belajar saham itu tidak serumit yang dibayangkan,” katanya.


Setelah tujuh bulan itu, Tata merasakan dampak positif dari semua yang dipelajari dan mulai melakukan investasi saham syariah. Cash flow keuangan keluarga menjadi lebih tertata dan terarah. Tidak ada lagi dana untuk kebutuhan yang konsumtif. Semua kebutuhan itu akhirnya dialihkan untuk dana investasi. Tak hanya itu, dirinya pun dituntut belajar untuk lebih mengenal bahasa-bahasa finansial.

“Karena dulu saya di fashion. Buat saya melihat grafik dan membaca berita itu hal yang membosankan, tetapi ketika saya investasi, mau tidak mau saya harus paham. Secara perlahan saya juga membaca tentang ekonomi global, belajar untuk melihat kinerja sebuah perusahaan apakah bagus untuk investasi atau tidak,” tutur tata.

Baca juga : Keluarga Perlu Investasi untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Baginya, investasi saham khususnya syariah membuatnya sadar bahwa investasi bukan hanya sekadar untuk mengumpulkan dan menambah hata kekayaan saja. Namun, pengenalan dengan dunia investasi membuat dirinya dan sang suami mengubah perilaku dalam memandang kehidupan. Bukan hanya kehidupan saat ini, tetapi kehidupan di masa depan.

Alasannya mengambil investasi pasar modal syariah mungkin hampir sama dengan investor lainnya. melihat label syariah tentu akan membuat tenang karena sesuai dengan prinsip agama yang dianut Tata, yaitu Islam. Prinsip syariah itu menjadi motivasi untuk semakin ingin tahu mengenai seluk belum pasar modal syariah lebih banyak.

“Ketika mengetahui investasi itu halal yang saya rasakan itu tenang. Kedua ketika belajar investasi tidak hanya belajar sampai instrument saja, mau tidak mau kita akan belajar mengenai ilmu lainnya. Awalnya belajar hanya saham dan membenahi cash flow. Akhirnya saya jadi tahu ada banyak produk pasar modal lain seperti obligasi, reksa dana, dan akhirnya efeknya jadi panjang,” terang Fashion Blogger at Velvet of Fortune ini.

Baca juga : Ini 6 Pilihan Produk Investasi Syariah yang Paling Menguntungkan

Tata menyarakan pada para milenial yang ingin memulai investasi syariah agar tidak terlalu dipusingkan dengan masalah teknisnya. Datang, cari tahu, dan pahami lebih dulu apa itu investasi syariah. Apabila sudah memahami fundamentalnya, jangan tunda untuk memulainya karena investasi bukan hanya tahu secara teori tetapi juga perlu praktik.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 25, 2019, 4:20 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.