Untung Rugi Membeli Mobil dari Sistem Lelang

Untung Rugi Membeli Mobil dari Sistem Lelang

Jika membeli mobil baru sulit dijangkau karena harganya yang tinggi, satu-satunya jalan adalah membeli mobil bekas. Cara membeli mobil bekas pun ada banyak cara, yaitu secara cash, kredit atau membeli mobil melalui lelang.

Cara terakhir ini bisa menjadi pertimbangan untuk memiliki mobil. Sebelum berniat ikut lelang, Anda bisa datang ke pusat pelelangan mobil. Anda bisa melihat dan memilih mobil mana yang diinginkan. Anda juga bisa menanyakan banyak informasi mengenai cara mendapatkan mobil dengan sistem lelang.

Baca juga : 6 Hal Penting untuk Menghitung Simulasi Kredit Mobil

Namun sebelum membeli mobil dengan sistem lelang, ada baiknya Anda mempertimbangkan keuntungan dan kerugian membeli mobil dari sistem lelang ini. Apa saja untung rugi dari sistem lelang tersebut?

Keuntungan Membeli Mobil di Lelang

1. Harganya murah

Harga mobil di lelang tentu berbeda dengan di dealer atau showroom mobil bekas. Jika dihitung-hitung, ada potensi penghematan sebesar 30 persen dari membeli mobil di lelang. Meskipun kondisi mobil sudah tidak sempurna atau mulus, tetapi Anda bisa mengambil keuntungan dan mendapat harga yang lebih murah.

2. Kendaraan yang dijual berkualitas tinggi

Jangan berpikir bahwa mobil lelang kondisinya selalu buruk. Panitia lelang selalu memastikan bahwa mobil yang dilelang dalam kondisi yang baik. Anda bisa menanyakan mobil-mobil apa saja yang akan dilelang dengan berbagai merek dan spesifikasinya.

3. Banyak pilihan

Di pusat pelelangan, Anda bisa memiliki banyak pilihan mobil yang akan dilelang. Berbagai merek dan jenis mobil mulai dari sedan, SUV, MPV, hatchback, bahkan mobil angkutan barang pun bisa Anda temui di pusat lelang. Namun yang biasanya tidak didapatkan pada tempat pelelangan adalah opsi warna, tahun, dan juga jarak tempuh yang telah dilalui.

Baca juga : Cara Mudah Menghitung Tarif Premi Asuransi Mobil

4. Bekas kendaraan armada

Beberapa perusahaan baik itu swasta atau pun pemerintah sering mengadakan pembaruan pada armada mereka setelah beberapa tahun atau beberapa kilometer. Manfaat dari kondisi ini adalah mobil-mobil tersebut memiliki dokumentasi yang lengkap serta mendapatkan perawatan yang maksimal dari tempat asalnya.

5. Perputaran cepat

Tidak seperti halnya dealer atau tempat penjualan mobil tradisional, pelelang biasanya mencari penjualan cepat. Anda akan mendapatkan berbagai pilihan mobil dengan jarak tempuh, tahun, warna, serta model yang sesuai dengan harapan Anda. Setelah cocok, Anda bisa segera pergi ke tempat pelelangan dan mulai menawar dengan harga yang pantas dan sesuai kemampuan.


Kerugian Membeli Mobil di Tempat Lelang

1. Kondisi mobil bisa buruk

Banyak mobil yang dilelang menyisakan kondisi mekanik yang buruk. Bahkan terkadang tampilannya saja yang dibuat bagus saat pelelangan berlangsung. Namun ketika pembeli menggunakannya, maka segala kekurangan tersebut barulah terasa.

2. Tidak berasuransi
Sebagian besar mobil yang dijual di pelelangan tidak memiliki jaminan atau perlindungan asuransi. Berbeda dengan mobil-mobil yang berasal dari dealer yang selalu membelaki atau paling tidak menawarkan asuransi pada pembelinya.

Baca juga :Kenali Istilah-istilah dalam Simulasi Kredit Mobil Sebelum Membeli

3. Mobil telah berpindah tangan beberapa kali

Membeli mobil di pelelangan harus memperhatikan siapa pemilik mobil sebelumnya. Pasalnya, bisa saja mobil yang ingin Anda beli merupakan mobil dari tangan kedua, ketiga, keempat, atau kelima. Ini biasa saja terjadi karena harga mobil yang murah bisa saja berasal dari barang sitaan atau diambil alih.

4. Biaya tersembunyi

Maksud dari biaya tersembunyi adalah ada biaya-biaya lain yang Anda tidak ketahui. Biaya tersebut bisa jadi masuk dalam komisi pelelangan atau biaya untuk mendapatkan dokumen pendaftaran. Demikian pula jika kendaraan tidak memiliki sertifikat kelaikan jalan, maka Anda harus mengeluarkan uang ekstra untuk menempatkannya pada kondisi laik jalan. Untuk itu, Anda perlu memastikan berapa biaya pemrosesan pada panitia lelang, serta mendapatkan segala informasi tentang mobil yang dilelang.

5. Kurangnya test drive

Biasanya pusat pelelangan tidak akan menawarkan test drive. Meskipun Anda mendapatkan banyak info mengenai kondisi kendaraan dan pengamatan visual secara mandiri, namun semua tidak menjamin bahwa mobil yang akan Anda bawa pulang memiliki kondisi terbaik.

Baca juga : Kenapa Asuransi Mobil itu Penting? Ini Alasannya

Bagaimana setelah membaca untung rugi membeli mobil di lelang, apakah Anda masih berminat atau memilih membeli mobil di tempat tradisional? Jika memang Anda ingin membeli mobil lelang, alangkah baiknya mengajak teman yang mengerti kualitas mobil dan mengerti dalam proses lelang. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan mobil dengan kualitas bagus.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 18, 2019, 9:20 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.