Inspirasi Keuangan Syariah ala Alyssa Soebandono

Inspirasi Keuangan Syariah ala Alyssa Soebandono

Perkembangan produk perbankan syariah dalam satu dekade terakhir ini memberi banyak pilihan bagi masyarakat. Hampir segala bentuk produk perbankan saat ini sudah ada platform syariahnya. Bukan hanya masyarakat, ternyata kalangan selebriti pun banyak juga yang menggunakan produk perbankan syariah.

Salah satunya adalah istri aktor Dude Harlino, Alyssa Soebandono. Wanita yang akrab disapa Icha ini mengakui berupaya menerapkan prinsip syariah dalam kehidupan keluarganya seperti menggunakan produk perbankan syariah.

Baca juga : Menjaga Keseimbangan Pengelolaan Keuangan Keluarga

“Kalau saya bisa dikatakan mulainya cukup telat, tetapi tidak ada kata terlambat untuk memulai semuanya daripada tidak sama sekali. Memang saya menggunakan tabungan syariah, tetapi mungkin kita juga bisa di deposito syariah juga,” ungkapnya di acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 di Jakarta (13/11/2019).

Icha bersama Dude Harlino dikatakan dukup selektif dalam memilih produk-produk keuangan. Semua itu harus didasarkan prinsip syariah, termasuk urusan simpanan dan investasi. “Semua itu harus baik, bukan hanya sumbernya, tetapi tempat dan cara mengelolanya,” tambahnya.


Pada kesempatan itu, Icha pun mengaku menjadi banyak tahu kalau saat ini di Indonesia sudah ada produk wakaf dalam bentuk saham. Pasalnya, banyak orang yang beranggapan bahwa wakaf hanya terkait tanah atau aset yang tidak bergerak lainnya. Terlebih, pengelolaan wakaf saham ini dilakukan dengan menerapkan prinsip syariah.

“Yang saya lakukan saat ini, saya bersama teman-teman melakukan salah satu bentuk wakaf, yaitu wakaf Alquran. Mungkin terdengar simpel memang. Mungkin bukan dalam bentuk Alquran, tetapi dalam bentuk uang yang kita salurkan, lalu uang ini akan dipakai untuk diwakafkan dalam bentuk Alquran,” ungkap wanita kelahiran Jakarta, 25 Desember 1991 ini.

Bagi kalangan muda, wakaf saham ini bisa menjadi bentuk lain untuk berwakaf. Pemahaman mengenai wakaf yang hanya fixed asset bisa dialihkan menjadi wakah saham yang bisa dilakukan dengan cara mudah. Terlebih metode pengelolaannya sesuai dengan prinsip syariah.

Baca juga : Pemahaman Literasi Keuangan Sama Penting dengan Pendidikan Formal

Penerapan prinsip syariah pun bukan hanya terkait produk simpanan atau investasi saja. Sebagai selebriti dengan jumlah follower cukup banyak, Icha sangat selektif dalam menerima endorse. Pasalnya, ada hal yang harus dipertanggungjawabkan dari produk yang diiklankannya.

Di media sosial, ada beberapa produk memang harus diperhatikan. Apalagi untuk perempuan, ada banyak produk yang sangat konsumtif seperti produk kecantikan dan pakaian sehari-hari. Salah satu yang paling mudah kita lihat di media sosial adalah produk kecantikan.

“Kalau untuk saya sendiri, apakah produk itu sesuai dengan syariat Islam, yaitu halal, thayyib, dan apakah sudah ada lambang MUI-nya. Kenapa? karena itu akan menjadi pertanggungjawaban saya yang di-endorse oleh sebuah produk yang akan dilihat oleh semua follower saya. Jadi saya sangat selektif jika saya memilih dan kalau saya merasa ragu lebih baik saya tidak ambil,” ucapnya.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 15, 2019, 2:41 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.