4 Cara Mudah Cek Kepesertaan BPJS Kesehatan Online

4 Cara Mudah Cek Kepesertaan BPJS Kesehatan Online

Pernahkah Anda mengalami tiba-tiba kepesertaan BPJS Kesehatan Anda tidak aktif? Jika pernah, maka sering-seringlah mengecek kepesertaan BPJS Kesehatan Anda. Dengan kerap mengecek, Anda bisa memastikan bahwa status peserta BPJS Kesehatan Anda masih aktif sesuai dengan kelas layanan yang diambil.

Sebenarnya mengecek status peserta BPJS Kesehatan sangat mudah. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui status kepesertaan tersebut. Bahkan, pihak BPJS Kesehatan juga memberi kemudahan secara online.

Baca juga : Sah, Awal Tahun Iuran BPJS Kesehatan Naik 100 Persen

Jika penasaran dengan status kepesertaan BPJS Kesehatan, Anda bisa memanfaat empat layanan BPJS Kesehatan online di bawah ini.

1. BPJS Checking


Layanan ini bisa diakses dengan membuka situs resmi BPJS Kesehatan. Berikut langkah-langkahnya:

● Kunjungi situs resmi http://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/

● Isi kolom pada laman situs yang Anda buka tersebut. Masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda, tanggal lahir, dan angka validasi.

● Selah mengisi semua kolom tersebut, klik “Cek”.

● Situs tersebut akan menampilkan seluruh infomasi kepesertaan BPJS Kesehatan Anda, mulai dari identitas, status keanggotaan, hingga anggota keluarga yang ditanggung. Di bagian bawah, Anda akan melihat daftar tagihan setiap bulan beserta tanggal pembayarannya.

2. Aplikasi Mobile JKN


Anda juga dapat mengecek keanggotaan melalui aplikasi Mobile JKN dari smartphone. Apikasi ini sudah bisa diunduh di Google Play Store dan App Store. Berikut langkah pengecekannya:

● Terlebih dahulu, Anda harus mengunduh dan meng-install aplikasi Mobile JKN di smartphone Anda.

● Setelah selesai, buka aplikasi Mobile JKN, lalu masukkan nomor peserta BPJS Kesehatan Anda beserta password dan klik “Login”.

● Jika Anda belum memiliki akun, maka Anda harus terlebih dulu mendaftar dengan cara mengklik “Register”. Setelah itu, isi semua data yang diperlukan mulai dari nomor peserta BPJS Kesehatan, nomor KTP, tanggal lahir, nama depan ibu kandung, email, nomor handphone, dan password.

Baca juga : Sudah Punya BPJS Kesehatan, Masih Perlukah Asuransi Kesehatan?

● Jika semua identitas diri yang diminta sudah terisi klik “Register”. Anda akan menemukan kolom verifikasi yang perlu diisi dengan kode angka unik yang dikirim ke email pribadi Anda.

●  Salin kode angka tersebut, kemudian buka kembali aplikasi Mobile JKN dan masukkan kode tersebut ke dalam kotak verifikasi. Selanjutnya klik “Verify”.

● Setelah terverifikasi, Anda akan masuk ke menu utama yang menampilkan fitur-fitur BPJS Kesehatan. Untuk mengetahui status keanggotaan, Anda bisa memilik klik kolom “Peserta”.

●  Fitur itu akan menampilkan informasi mengenai kepesertaan BPJS Kesehatan Anda mulai dari status Anda dan anggota keluarga.

3. SMS Gateway


Cara ini bisa menjadi pilihan yang mudah selain membuka website resmi BPJS Kesehatan dan Mobile JKN. Caranya, fitur pesan di smartphone Anda dan pilih salah satu format pengiriman pesannya:

● Ketik NIK <spasi> Nomor Kependudukan.

● Ketik NOKA <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan.

● NIP <spasi> Nomor Induk Pegawai.

● Setelah memilih salah satu format pengiriman pesan, kirim ke nomor 08777-5500-400 dan tungga SMS balasan dari BPJS Kesehatan.

4. Call Center