Blibli Targetkan Kenaikan Transaksi 2,5 Kali Lipat di Harbolnas 11.11 2019

Blibli Targetkan Kenaikan Transaksi 2,5 Kali Lipat di Harbolnas 11.11 2019

Hari Belanja Online (Harbolnas) menjadi momen penting bagi semua e-commerce untuk meningkatkan nilai transkasi penjualannya. Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan traffic penjualan, e-commerce mau tidak mau harus meningkatkan performa mobile untuk mempercepat proses loading transaksi.

Project Lead Blibli Histeria Syok! 2019 Geoffrey L. Dermawan mengakui, Harbolnas menjadi momen yang sangat penting untuk meningkatkan traffic tersebut. Mengingat besarnya traffic saat Harbolnas, Blibli.com juga meningkatkan performa mobile website dengan mempercepat proses loading lama sebanyak 70 persen.

Loading laman yang cepat sangat penting dalam meningkatkan kepuasan berbelanja konsumen karena mereka mencari barang-barang yang diinginkan dengan cepat dan transaksi dengan mulus di platform kami,” katanya saat press conference Blibli.com Histeria Syok! di Aluca, SCBD, Jakarta (7/11/2019).

Baca juga : Panduan Belanja Aman, Cermat dan Hemat Saat Harbolnas 2018

Pada Harbolnas periode 10.10 2019, jumlah transaksi penjualannya meningkat sebesar 10 persen dibandingkan Habolnas 10.10 2018. Salah satu kategori yang sangat populer adalah BlibliMart yang menjual beragam kebutugan groceries.

“Harbolnas periode Oktober 2019 cukup memuaskan, terjadi kenaikan jumlah konsumen baru sebanyak 400 ribuan pelangan. Kalau dilihat dari segmennya, konsumen usia 25-34 tahun, mommies, dan pekerja menyumbang peningkatan sebanyak 30 persen,” ungkap Geoffrey.

Melihat hal itu, Blibli memasang target yang cukup tinggi menjelang Harbolas periode 11.11 dan 12.12. Untuk Harbolnas November ini, Blibli menargetkan adanya kenaikan sebesar 2,5 kali dibandingkan periode sebelumnya. Begitu pula dengan Harbolnas periode Desember 2019, Blibli mengharapkan kenaikan yang sama sebesar 2,5 kali lipat.


Deputy Chief Marketing Officer Andy Adrian menilai, peluang e-commerce masih sangat besar karena didorong oleh banyak faktor pendukungnya. Berdasarkan data, sebanyak 76 persen pengguna internet melakukan transkasi dengan menggunakan mobile device. Hal itu didukung oleh semakin baiknya jaringan internet 3G dan 4G

Selain itu, penggunaan uang elektronik yang semakin berkembang saat ini juga memberi nilai positif bagi pertumbuhan e-commerce di Indonesia. “Sebanyak 86 persen pengguna internet di Indonesia membeli produk dengan menggunakan berbagai instrumen pembayaran uang elektronik. Penggunaan uang elektronik ini dianggap mudah, aman dan nyaman,” ungkap Andy.

Strategi Gamification Blibli

Pada Hari Belanja Online (Harbolnas) periode 11.11, Blibli punya strategi sendiri untuk meningkatkan transkasi penjualannya. Salah satu strategi utama untuk menggaet perhatian dan meningkatkan interaksi pelanggan dengan adanya gamification. Selain gamification, Blibli juga menonjolkan pengalaman berbelanja secara mobile yang nyaman untuk meningkatkan kepuasan berbelanja bagi pelanggan.

Project Lead Blibli Histeria Syok! 2019 Geoffrey L. Dermawan mengatakan, gamification telah menjadi tren untuk berinteraksi dengan pelanggan di industri e-commerce. Dengan menghadirkan games yang didukung dengan alur cerita, tantangan, dan hadiah yang seru, pelanggan akan semakin terdorong untuk beriteraksi dengan platform penjualan online. “Blibli memanfaatkan tren ini dengan meluncurkan mini games di aplikasi Blibli.com, termasuk CAPIT (Cara Berbelanja Paling Irit) yang menjadi permainan utama selama Harbolnas,” katanya.

Baca juga : Tipe Gaya Belanja Manakah Anda?

CAPIT memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk bisa menebus produk dengan “Harga syok”, yaitu diskon hingga 90 persen dan tambahan cashback hingga 100 persen. Para pelanggan dapat memainkan CAPIT dengan mengumpulkan lima Token Historia, di mana setiap token yang didapatkan setelah berbelanja minimal Rp100.000.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 7, 2019, 1:44 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.